Beranda Riau Waduuh.. Harga TBS Sawit Turun Lagi di Riau

Waduuh.. Harga TBS Sawit Turun Lagi di Riau

255
Print Friendly, PDF & Email

PEKANBARU (Infosiak.com) – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau pada periode 3-9 April 2019 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp24,90 per kilogram.

“Terjadi penurunan sebesar 1,66 persen dari harga minggu lalu. Sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.499,98 per kilogram,” kata Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu di Pekanbaru, Rabu (3/4/2019).

Baca Juga:  Indonesia Eksportir Sawit Terbesar Dunia, Gapki dan JABPUSI Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Ia memaparkan, bahwa masih relatif sama dengan minggu lalu,penurunan harga TBS pekebun periode ini disebabkan oleh turunnya harga jual CPO dari seluruh perusahaan sumber data.

“Di sisi lain harga jual kernel memang mengalami kenaikan namun tidak mampu mengangkat harga TBS,” terangnya.

Baca Juga:  Semakin Meluas, Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Tembus 1.136 Hektare

Di mana, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp31,75 per kg, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp54,55 per kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp94,35 per k, dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp13,20 per kg dari harga minggu lalu.

Baca Juga:  KPK : Kami tidak ada niat lagi untuk memenjarakan Gubernur Riau

Sedangkan, untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp72,73 per kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp133,33 per kg dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp109,00 per kg dari harga minggu lalu.

Sumber : Goriau
Editor : Afrijon

loading...