Beranda Tualang Sikapi Persoalan PPDB di Tualang, Kadis Pendidikan Riau Gelar Pertemuan di SMAN...

Sikapi Persoalan PPDB di Tualang, Kadis Pendidikan Riau Gelar Pertemuan di SMAN 2, Ini Hasilnya

7
0
BERBAGI

TUALANG (Infosiak.com) – Menyikapi persoalan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang terjadi di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau menggelar pertemuan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tualang, Rabu (12/07/2017).

Dalam pertemuan tersebut Rudyanto SH, M.Si selaku Plt Kadisdikbud Provinsi Riau meminta kepada pihak sekolah agar dapat menyampaikan jumlah kuota tambahan.

“Saya datang kesini untuk mencari solusi, berapa lagi sekolah sanggup menampung? Jalur penerimaannya bagaimana?,” terang Rudyanto kala itu.

Setelah mendengarkan laporan dari para pihak sekolah serta keterangan dari Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tualang, diperkirakan ada sekitar 322 orang PPDB yang belum mendapatkan tempat untuk melanjutkan sekolah dan ada penambahan daya tampung bagi PPDB.

Baca Juga:  Isu 'KUE' Oknum DPRD Siak dari PT IKPP, MPKS: Lelang Bisa Diatur

Penambahan daya tampung bagi PPDB yakni di SMAN 1 Tualang ada sebanyak 72 orang siswa, SMAN 2 Tualang 72 orang siswa, SMAN 3 Tualang 72 orang siswa, SMAN 4 Tualang 55 orang siswa, SMAN 5 Tualang 60 orang siswa, SMAN 6 Tualang 46 orang siswa dan SMKN 1 Tualang ada 30 orang siswa.

Jadi secara total keseluruhan ada sekitar 407 orang siswa lagi yang dapat diterima oleh sekolah – sekolah SMA Negeri sederajat yang berada di Kecamatan Tualang.

Dan mengenai jalur penerimaan terkait adanya penambahan daya tampung tersebut, sebelumnya disepakati penerimaan PPDB lanjutan melalui jalur lingkungan sebesar 50 persen, jalur reguler sebesar 50 persen dan jalur prestasi sebesar 10 persen.

Baca Juga:  Ini Kapal Fery Swadaya Kelompok Masyarakat Pinang Sebatang
alterntif text

Masuk waktu tengah hari break pun dilakukan sambil menunggu kesimpulan dari perwakilan forum Kecamatan Tualang. Setelah itu dilanjutkan kembali dengan penyampaian mendengar kesimpulan hasil akhir guna menentukan jalur penerimaan lanjutan.

“Berdasarkan persentase kami tidak pergunakan, berdasarkan kesepakatan kami melalui jalur tes, artinya sesuai dengan anak yang sudah mendaftar ke sekolahnya masing-masing. Besok sudah kita buka pendaftaran, Jum’at akan kita lakukan tes, Sabtu kita lakukan pengumuman kelulusan dan Senin sudah proses belajar mengajar. Kalau tidak diterima kami sudah arahkan ke SMU 4, SMU 6, SMK dan sekolah swasta yang ada di Kecamatan Tualang ini,” kata Camat Tualang Zalik Effendi yang mewakili forum Kecamatan.

Baca Juga:  Masuki Musim Kemarau 2017, Satu Haktar Lahan Terbakar di Kampung Tualang

Mengenai pendaftaran, PPDB dapat membawa bukti pendaftaran ke tempat dimana ia sudah pernah melakukan pendaftaran, dengan kata lain PPDB tidak dapat diterima pendaftarannya oleh pihak sekolah jika sebelumnya ia tidak pernah melakukan pendaftaran di sekolah tersebut.

Dalam pertemuan itu tampak hadir Penghulu Kampung Tualang Juprianto, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Bambang, Lurah Perawang Yudha Rajasa, tokoh masyarakat, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tualang Hj. Zahroni, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Suprapto serta sejumlah anggota DPRD Siak Dapil Tualang antara lain Hj. Gustimar, Ismail Amir, Marudut Pakpahan, Syamsurizal, dan Awaludin.(Ika)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here