Beranda Tualang CSR PT Indah Kiat Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Rotan Bagi Warga Perawang

CSR PT Indah Kiat Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Rotan Bagi Warga Perawang

40
BERBAGI
tour_de'

PERAWANG (Infosiak.com) – PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) menggelar pelatihan kerajinan anyaman rotan bagi warga Kecamaan Tualang Kabupaten Siak, Riau, di Rumah Pintar Abdul Wahid Jalan Indah Kasih Kelurahan Perawang, mulai tanggal 22 hingga 25 Januari 2020.

“Kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu mengolah bahan baku rotan menjadi barang bernilai tinggi untuk peningkatan pendapatan, menumbuhkan usaha produktif warga, manajemen kelompok usaha dan teknik pemasaran,” kata Pimpinan CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang Ir Ketut Piter SH, MH melalui Murseno, Rabu (22/1/2020).

Baca Juga:  Kembangkan Industri Kuliner, CSR PT Indah Kiat Perawang Gelar Pelatihan Tata Boga

Pelatihan ini diikuti 15 peserta yang memang sudah menggeluti kerajinan rotan di Kecamatan Tualang. Peserta akan mengikuti pelatihan selama empat hari di Rumah Pintar Abdul Wahid Perawang dan dibimbing oleh instruktur dari Tenaga Pendamping Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Provinsi Riau.

“Peserta pelatihan ini merupakan perajin rotan yang ada di Kecamatan Tualang dan memang selama ini bergelut di bidang perajin anyaman. Jadi mereka ini sudah punya dasar kerajinan anyaman rotan, hanya saja selama ini mereka cuma membuat keranjang. Karena dari itu kita mencari solusi untuk mengembangkan perajin rotan ini. Nanti instruktur dari Provinsi Riau akan memberikan pelatihan lengkap dengan bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat anyaman rotan bernilai jual tinggi,” sambungnya.

Baca Juga:  BIADAB, Siswa SMA di Perawang Ini Diperkosa dan Dipukuli Pria Beristri, Ini Wajah Pelaku
loading...
Pelatihan kerajinan anyaman rotan CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper.

Warman Instrktur pelatih dari Tenaga Pendamping Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Provinsi Riau mengatakan saat ini yang lagi booming piring lidi sedang booming di tengah masyarakat, namun dia menyebutkan piring rotan tak kalah laris dari piring lidi. Hal itu dikarenakan piring rotan dapat dibuat lebih menarik lagi dengan kombinasi warna.

Baca Juga:  Puluhan Petani Kembali Ikuti Pelatihan Pertanian Terpadu CSR PT Indah Kiat Perawang

“Dari segi kelenturan lidi sawit ini agak gampang patah, sedangkan rotan tingkat kelenturannya sangat tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Camat Tualang Zalik Effendi Ssos mengucapkan apresiasi kepada pihak CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper yang melaksanakan kegiatan pelatihan kerajinan anyaman rotan bagi warga Kecamaan Tualang.

“Kita berharap perajin rotan dapat mengembangkan usaha dengan adanya tim pelatih dari Dinas Perindustrian Riau. Sehingga sangat diharapkan anyaman rotan dapat menjadi produk unggulan di Kecamatan Tualang,” harap Camat.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...
tour_de'
BERBAGI