Beranda Siak Tim Pengabdian Kukerta Unri Manfaatkan Limbah Sampah Rumah Tangga Jadi Pupuk Kompos...

Tim Pengabdian Kukerta Unri Manfaatkan Limbah Sampah Rumah Tangga Jadi Pupuk Kompos Cair

43
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) РTim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak memanfaatkan limbah sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos cair. Mahasiswa Kukerta yang dibimbing oleh Intan Kartika Sari, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ini adalah gabungan dari beberapa fakultas yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK),  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Baca Juga:  Budhi Yuwono: Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Kini Capai 147 Orang

Pembuatan pupuk kompos cair ini merupakan program utama mahasiswa Kukerta UNRI Kampung Pinang Sebatang Timur yang berguna untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di kampung Pinang Sebatang Timur karena masyarakat dapat membuat dan memperjualbelikan pupuk tersebut serta menggunakannya untuk pemakaian pribadi sehingga tidak perlu membeli pupuk anorganik yang harganya jauh lebih mahal.

kpu'

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 27 Juli 2020 di Dusun II Kampung Pinang Sebatang Timur. Adapun bahan utama dalam pembuatan pupuk kompos cair ini yaitu limbah sampah rumah tangga, sabut kelapa, aor kelapa, EM-4 dan kotoran sapi. Pupuk dipermantasikan selama lebih kurang dua minggu.

Baca Juga:  Akhirnya Maling Resahkan Warga Tumang¬† Tertangkap

Ridho, selaku koordinator kegiatan mengatakan bahwa pupuk ini bisa dipakai pada berbagai jenis tanaman dan tentunya juga ramah lingkungan.

Pupuk kompos cair yang telah dikemas kemudian disosialisasikan kepada pihak desa yang bertepatan pada penutupan Kukerta Balek Kampung UNRI di Kampung Pinang Sebatang Timur pada Kamis 13 Agustus 2020.

Baca Juga:  Bupati Siak Mutasi dan Lantik 154 Pejabat Administrator dan Pengawas

“Saya berharap mahasiswa-mahasiswi Universitas Riau ini bisa terus berinovasi dalam berbagai bidang dan jika sudah lulus hendaknya segera menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi kepada masyarakat khususnya masyarakat di kampung Pinang Sebatang Timur ini,” ujar Heri Suparjan, S.E selaku Penghulu Kampung Pinang Sebatang Timur.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'