Beranda ADV Siak Tim Kukerta Balik Kampung Unri Sosialisasi dan Bagikan Hand Sanitizer Alami di...

Tim Kukerta Balik Kampung Unri Sosialisasi dan Bagikan Hand Sanitizer Alami di Pinang Sebatang Timur

36
BAGIKAN
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – Tim Pengabdian Kukerta Balek Kampung Universitas Riau mensosoalisasikan sekaligus membagikan hand sanitizer alami di Kantor Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Rabu (12/8/2020). Hal ini agar para pegawai kantor merasa nyaman ketika melayani masyarakat yang datang untuk mengurus hal apapun yang diperlukan.

Hand sanitizer merupakan cairan pencuci tangan tanpa bilas yang dipercaya mampu membersihkan telapak tangan dari bakteri dan infeksi virus. Di tengah kondisi wabah yang sedang menyerang masyarakat, yaitu virus Corona membuat hand sanitizer banyak diburu oleh masyarakat sehingga persediaan di toko-toko cepat habis. Padahal hand sanitizer sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Baca Juga:  Nama Calon Sekda Siak Mencuat, H Arfan Usman: Selaku Anak Siak, Saya Siap
kpu'

Adapun proses pembuatan hand sanitizer ini dilakukan pada hari Selasa, sehari sebelum pembagian handsanitizer. Bahan pembuatan hand sanitizer alami ini yaitu daun sirih, lidah buaya, dan jeruk nipis. Daun sirih merupakan tumbuhan yang mengandung zat antiseptik dan dapat membunuh bakteri dan jamur serta memiliki daya antioksidan.

Baca Juga:  Kapolda Riau Terima Penghargaan Inovasi Dashboard Lancang Kuning, Bupati Alfedri Sampaikan Tahniah

Selanjutnya lidah buaya mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembersih permukaan kulit, seperti hand sanitizer. Senyawa dalam lidah buaya tidak hanya bisa membersihkan tangan dari bakteri dan virus, namun juga bisa membuat tangan jadi lebih lembab. Terakhir air perasan jeruk nipis yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti bakteri dan anti jamur yang handal.

Baca Juga:  Resmikan Sumur Air Bersih di Minas Timur, Bupati Alfedri : Alhamdulillah, Masyarakat Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

“Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang harus selalu dijaga kebersihannya di tengah pandemi seperti sekarang. Melihat hand sanitizer yang sudah langka di toko-toko, maka kami berinisiatif membuat hand sanitizer alami sehingga masyarakat juga bisa membuatnya di rumah karena pembuatannya praktis,” ujar Betti Indriyani selaku koordinator pada kegiatan ini.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

kpu' kpu'
tour_de'
BAGIKAN