Beranda HUKRIM Tangani Kasus Pencabulan Dekan Fisip Unri, Kejati Riau Tunjuk 5 Jaksa

Tangani Kasus Pencabulan Dekan Fisip Unri, Kejati Riau Tunjuk 5 Jaksa

68
Print Friendly, PDF & Email

PEKANBARU (Infosiak.com) – Status Dekan FISIP Universitas Riau (UNRI) Syafri Harto naik dari terlapor menjadi tersangka. Sebelumnya, Dekan FISIP UNRI itu dilaporkan mahasiswi jurusan Hubungan Internasional berinisial L (21) ke Polresta Pekanbaru terkait kasus dugaan pelecehan seksual. Tepatnya pada Jumat (5/11/2021) lalu.

Dalam perjalanannya, kasus tersebut diambilalih Polda Riau. Terbaru, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, menetapkan Dekan FISIP UNRI, Syafri Harto sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan seksual.

Dilansir dari Tribunpekanbaru.com, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, setelah melalui proses penyelidikan, memintai keterangan saksi-saksi dan mengamankan barang bukti, penyidik meningkatkan status penanganan perkaranya ke penyidikan.

Baca Juga:  Pakai Daging Babi, Penjual Sate di Padang Ditangkap Polisi

“Dan melalui proses gelar perkara, telah ditetapkan status tersangka terhadap saudara SH (Syafri Harto, red) dalam kasus tindak pidana dugaan perbuatan cabul,” kata Kombes Sunarto dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021) pagi.

Lanjut dia, penyidik telah mengirimkan surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Penyidik akan segera melakukan pemanggilan terhadap SH untuk diperiksa sebagai tersangka,” ungkapnya.

Sebelumnya, penyidik Dirreskrimum Polda Riau juga telah menyegel ruang kerja Dekan FISIP UNRI, Syafri Harto. Hal ini seiring dinaikkannya status penanganan kasus dugaan pelecehan seksual itu, dari awalnya penyelidikan, ke penyidikan.

Tampaknya, polisi ketika itu memang sudah menemukan indikasi awal adanya perbuatan dugaan pelecehan seksual itu. Sehingga akhirnya penanganan kasus, ditingkatkan statusnya ke tahap penyidikan oleh petugas.

Baca Juga:  Polres Siak Amankan Ribuan Liter BBM Ilegal

Sementara itu pasca dipolisikan, Syafri Harto sendiri juga membuat laporan ke Polda Riau, atas dugaan pencemaran nama baik. Dia melaporkan korban L, dan juga admin dari akun Instagram resmi Korps Mahasiswa HI (Komahi) FISIP UNRI, dengan nama akun @komahi_ur.

Tunjuk 5 Jaksa

Terpisah, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, sudah menerima surat pemberitahuan penetapan tersangka Dekan FISIP UNRI, Syafri Harto. Kejati Riau juga sudah tunjuk 5 jaksa untuk mengikuti proses penyidikan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejati Riau, Marvelous menyampaikan, sebelumnya pihaknya telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara dugaan cabul tersebut, pada pekan lalu.

Baca Juga:  Jalin Silaturahmi, DPC Pekat-IB Audiensi dengan Kapolres Siak

“Untuk surat pemberitahuan penetapan SH (Syafri Harto, red) sebagai tersangka, kami terima kemarin dari kepolisian,” sebut Marvelous, Kamis (18/11/2021).

Marvelous menuturkan, terkait ini, pihaknya juga telah menunjuk sebanyak 5 orang jaksa untuk mengikuti perkembangan proses penyidikan.

Selain itu, mereka juga akan meneliti kelengkapan persyaratan formil maupun materil perkara, apabila berkas perkara dilimpahkan oleh penyidik polisi ke jaksa.

“Saat ini, kami masih menunggu pelimpahan berkas tersangka dari penyidik kepolisian,” sebut dia.

Laporan: Tok
Sumber: Tribun

loading...