Beranda EKONOMI Tanam Holtikultura Alternatif Tambah Penghasilan Petani

Tanam Holtikultura Alternatif Tambah Penghasilan Petani

171
memanen cabai
Print Friendly, PDF & Email

BUNGARAYA (Publiknews)  – Petani Desa Tuah Indrapura memanfaatkan waktu musim tanam padi, dengan menanam sejumlah jenis tanaman holtikultura, sambil menunggu musim panen kurun waktu 3 – 4 bulan. Dan hasilnya, sangat berpotensi menambah penghasilan mereka.

Salah seorang petani, Suaris kepada Infosiak.Com Jumat (22/01/2016), menyebutkan bahwa menunggu musim tanam yang mencapai masa 3-4 bulan, maka petani memanfaatkan tanah kosong yang biasa ditumbuhi rumput, dengan menanami sayuran, jagung dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga:  Waduh..! Ternyata Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Siak Meningkat

“Sambil menunggu musim panen, dari pada tanggul cuma ditumbuhi rumput, saya tanami saja dengan jagung, lumayan untuk menambah penghasilan,” kata Suaris.

Petani menanam berbagai jenis sayur-sayuran dari kangkung, bayam, kacang dan masih banyak yang lain lagi. Sebelumnya petani hanya mendapat penghasil dari bertani Padi saja, sekarang mereka bisa menambah penghasilan dari menanam tanaman Holtikultura.

Baca Juga:  Masyarakat Mengeluh, Jalan Poros Masuk Dua Kampung Rusak Parah

Tanggul yang biasa rumput bebas tumbuh sekarang berubah menjadi tanah yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan para petani selain dari menanam padi.

Sebagian besar petani Desa Tuah Indrapura memanfaatkan tanggul mereka menjadi tanaman holtikultura dan menjadi salah satu pusat penghasil sayuran di Kecamatan Bungaraya.

Baca Juga:  KPU Kesulitan Usut Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia, KPU Bilang Begini!

Bahkan sayuran dari Desa Tuah indrapura ini banyak didistribusikan keluar Kecamatan Bungaraya. Kecamatan yang menjadi sayuran dari Desa Tuah Indrapura antara lain Kecamatan Sungai Apit, Dayun, Siak, Mempura dan Sabak Auh. (Deni Mardinata)

loading...