Beranda Pekanbaru Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru Bantah Tangani Pasien Virus Corona

Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru Bantah Tangani Pasien Virus Corona

174
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

PEKANBARU (Infosiak.com) – Masyarakat Pekanbaru dihebohkan oleh beredarnya pesan berantai di WhatsApp yang menyatakan bahwa saat ini virus Corona/2019-nCoV sudah masuk ke Kota Bertuah.

Dalam pesan berantai tersebut dituliskan bahwa pasien yang terjangkit Virus Corona itu dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru.

Masih dalam pesan berantai tersebut, disebutkan bahwa pasien terjangkit Virus Corona sekembalinya merayakan Imlek dari China.

“Selamat malam teman2…Baru dapat info, virus Corona sudah masuk ke Pekanbaru, tepatnya di RS Eka Hospital ..

Informasi jelas nya , warga Indonesia yang baru pulang Imlek dari cina,dia merasa gejala yang sama dengan virus Corona,lalu mengecek ke RS Eka hospital,ternyata dia terkena virus tersebut.

Baca Juga:  Besok, Rombongan Turis dari China Masuk ke Sumbar, KKP Siapkan Peralatan

Untuk kita semua harap jaga kesehatan, lebih baik menghindari dari pada terserang dan berujung penyesalan dikarenakan belum ada obat untuk virus ini,terimakasih” demikian isi pesan berantai yang menyebabkan masyarakat was-was.

Humas RS Eka Hospital, Fadlan Ramadhani, mengatakan bahwa pesan berantai yang sudah tersebar tersebut adalah bohong alias hoax.

“Itu hoax. Tidak benar,” tegas Fadlan dilansir laman Cakaplah, Minggu (2/2/2020).
Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya tidak ada menangani kasus seperti yang disampaikan di dalam isi pesan tersebut.

new

“Saat ini kita tidak ada menangani pasien virus corona seperti yang disebarkan dalam pesan tersebut. Kita pastikan itu hoax,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang kebenarannya diragukan.

Baca Juga:  Hilang 2 Hari, Pelajar Tenggelam di Sungai Siak Ditemukan Tewas

“Kita minta pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tidak menyebarkan informasi yang malah membuat resah masyarakat,” cakapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panik dalam menyikapi kondisi wabah corona.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari Kabupaten/Kota dan sarana pelayanan kesehatan tentang virus corona ini masuk ke Riau. Namun kita imbau agar masyarakat Riau waspada tapi tetap jangan panik,” ujar Kepala Dinkes Riau Mimi Yuliani Nazir.

Ia mengatakan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermal scanner terhadap penumpang international flight yang tiba di Bandara SSQ II dan pelabuhan yang ada di Riau.

Baca Juga:  Diskes Siak Gelar Sosialisasi Antisipasi Wabah Virus Corona

“Dan juga telah menyiapkan ambulance khusus untuk memobilisasi jika ada suspect Corona ke RSUD Arifin Ahmad,” ungkapnya.
Pihaknya mengimbau masyarakat lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut.

“Mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun cair serta bilas se tidaknya selama 20 detik dan keringkan dengan tisue sekali pakai. Atau menggunakan alkohol 70-80%,” ungkapnya.

Selain itu menutup hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk dan jangan lupa gunakan masker. “Segera bawa ke sarana pelayanan kesehatan jika ada gejala,” katanya.

Sumber : Cakaplah
Editor : Afrijon

new

loading...
tour_de'
BAGIKAN