Beranda Pendidikan Rawan Kecelakaan, SMAN 5 Tualang Butuh Zona Selamat Sekolah

Rawan Kecelakaan, SMAN 5 Tualang Butuh Zona Selamat Sekolah

570
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – SMA Negeri 5 Tualang membutuhkan Zona sekolah atau yang lebih dikenal sebagai Zona Selamat Sekolah (Zoss). Zoss merupakan kawasan yang berada di sekitar sekolah diperlukan untuk mengendalikan lalu lintas kendaraan terutama kecepatan, parkir, menyalib dan pejalan kaki yang menyeberang jalan di areal sekolah. 

Sekolah yang terletak di Jalan Sultan Syarif Kasim, Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau itu berada di pinggir jalan lajur cepat. Pengendara dari arah Pekanbaru ke Perawang dan Siak ke Perawang ataupun sebaliknya lebih dominan memakai jalur ini. Karena akses jalan tersebut lebih mempersingkat pengendara ke tempat tujuan.

Baca Juga:  Mulai Tahun Ajaran 2019/2020 Sekolah akan Gunakan Medsos untuk Ajarkan PMP
kpu'

Dikarenakan hal itu, pengendalian tersebut perlu dilakukan, mengingat banyak anak-anak sekolah yang berjalan kaki menuju sekolah atau hendak menyeberang menuju sekolah. Bila zona sekolah tersebut tidak dibuat dinas terkait tentu kecelakaan lalu lintas akan selalu menghantui peserta didik.

Kepala SMA Negeri 5 Tualang mengatakan rambu rambu tersebut merupakan kewenangan pemerintah. Tentu saja, tanpa adanya zona selamat sekolah akan rentang terhadap keselamatan para murid.

Baca Juga:  Usai Belasan Murid SD Jadi Korban, Kini Siswa SMP di Dayun Siak Dicabuli Oknum Guru Honorer

“Kita berharap dibuat rambu rambu lalu lintas atau zona aman sekolah. Dulu pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan peserta didik kami. Sementara ini kami coba buat zebra cross dengan bahan seadanya,” kata Kepala SMA Negeri 5 Tualang Drs Johan, Rabu (27/11/2019).

Selama ini pihak sekolah sudah melakukan pengajuan permohonan untuk Zona Selamat Sekolah ke dinas perhubungan. Bahkan, kabarnya kepala sekolah terdahulu sudah pernah mengajukan permintaan yang sama. Namun hingga kini permintaan tersebut belum terealisasikan.

Baca Juga:  Ini Sanksi Kepala Sekolah yang Tak Miliki Sertifikat Resmi Pemerintah

Hingga saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Siak belum dapat dimintai keterangan terkait pengajuan Zona Selamat Sekolah di SMA Negeri 5 Tualang.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...
tour_de'
BAGIKAN