Beranda Siak Proyek Swakelola Dinilai Untuk Kepentingan Tour de Siak

Proyek Swakelola Dinilai Untuk Kepentingan Tour de Siak

95
Kondisi jalan yang sedang dikerjakan yang menjadi lintasan Tour de Siak kampung Langkai, kecamatan Siak
Print Friendly, PDF & Email

SIAK, (Infosiak.com) – Proyek pemeliharaan jalan dan jembatan yang dikerjakan melalui program swakelola di Dinas PU Tarukim Siak dinilai tak tepat sasaran. Buktinya, sampai saat ini masih ditemukan sejumlah jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemkab Siak. Padahal, anggaran yang dialokasikan untuk proyek swakelola tahun 2018 ini mencapai Rp 18 miliar.

Anggota Komisi III DPRD Siak Syamsurizal mengaku kecewa dengan kinerja PU Tarukim dalam menjalankan proyek swakelola. Sebab, kegiatan ini terkesan menunggu momen pelaksanaan iven balap sepeda Tour de Siak setiap tahun.

“Kesannya begitu, selalu tunggu momen Tour de Siak. Kalau mau pelaksanaan Tour de Siak baru sibuk perbaiki jalan, karena nanti dilewati pembalap. Tapi jalan yang tak dilewati dibiarkan rusak, ” kata Syamsurizal saat dikonfirmasi Publiknews.com, Rabu (5/9/2018).

Baca Juga:  Denda Rp 50 Juta Menanti Pengusaha di Siak yang Masih Buka di Atas Jam 9 Malam

Dia meminta agar Dinas PU Tarukim Siak profesional dalam menjalankan program swakelola. Apalagi dana yang dianggarkan untuk proyek swakelola itu setiap tahun nilainya sangat besar.

“Kalau sudah ada dananya, langsung kerjakan saja, jangan tunggu mau pelaksanaan Tour de Siak baru sibuk perbaiki jalan, seperti yang dilihat sekarang ini, ” jelasnya.

Baca Juga:  Simpan Setengah Kilo Diduga Sabu, Pria di Perawang Ditangkap Satres Narkoba Polres Siak

Syamsurizal juga berharap, agar masyarakat berperan aktif kepada pemerintah. Menurutnya, apakah permasalah itu sudah diketahui oleh pemerintah setempat.

“Saya berharap kepada masyarakat agar melaporkan terkait jalan rusak ke pihak desa atau Camat. Karena, kalau belum ada laporan mereka, kita sebagai anggota dewan tidak bisa membawa masalah itu ke komisi,” harapnya.

Terkait tudingan anggota DPRD Siak itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Tarukim Siak Ari Nofizal enggan mengomentari. Padahal masalah itu tanggung jawabnya. Saat dihubungi Publiknews.com , Ari menyarankan agar menghubungi Kepala UPT Junaidi. Namun, Junaidi tak pernah berada di kantor. Handphonnya pun tak pernah aktif.

Baca Juga:  Super Ketat, Peserta tes CPNS Dilakukan Body Checking

“Kalau mau data dan informasi terkait swakelola, hubungi saja Pak Jun, karena itu kewenangannya, ” ujar Ari.

Pantauan Infosiak.com seminggu terakhir, sejumlah ruas jalan Siak-Koto Gasib, Siak-Dayun, Bungaraya – Sungai Apit yang menjadi rute Tour de Siak sedang diperbaiki. Ada puluhan titik yang ditampal. Sementara, jalan lain masih banyak yang rusak. Bahkan, sudah ada warga mengendari sepeda motor terjatuh saat melewati jalan rusak tersebut. Seperti jalur Perawang-Sungai Mandau.

Laporan : Koko

loading...