Beranda Politik DPRD Siak Tak Terima Dengan Pra Syarat Rekrutmen Perusahaan, Lintas Organisasi Kandis Hearing ke...

Tak Terima Dengan Pra Syarat Rekrutmen Perusahaan, Lintas Organisasi Kandis Hearing ke DPRD Siak

100
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Tidak terima dengan aturan pra syarat yang dibuat oleh PT Kamparindo Agro Industri (KAI), Kelompok Forum Lintas Organisasi Kecamatan Kandis hearing ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Siak, Senin (14/08/2017).

alterntif text

Hearing hanya mendengarkan keluhan serta harapan dari Kelompok Forum Lintas Organisasi serta arahan dari DPRD dan Disnaker Siak, lantaran pihak PT KAI cuma menghadirkan salah seorang yang berkedudukan sebagai Humas di perusahaan yang beroperasi di bidang pengolahan buah kelapa sawit tersebut.

Sementara sejumlah Perangkat DPRD dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Siak terlihat antusias menghadiri hearing. Tampak hadir Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE beserta jajaran dan Kadisnaker Siak Amin dengan beberapa orang staffnya.

Tidak hanya mengenai aturan pra syarat saja yang menjadi persoalan, dalam hearing itu terungkap bahwa PT KAI juga belum mempunyai pedoman Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Menanggapi persoalan yang terjadi, Ketua Komisi IV DPRD Siak Ismail Amir SH meminta agar Pemkab Siak menindak tegas perusahaan-perusahaan yang tidak taat aturan dan yang tidak mempunyai aturan.

“Kalau perlu bentuk tim yudhistisi, sebelum ada kelengkapan perusahaan-perusahaan itu yang nanti sifatnya dapat merugikan pekerja ataupun perusahaan. kita minta perusahaan yang masuk ada assalamualaikum atau permisi la,” ujar Ismail ketika ditemui Infosiak.com usai hearing.

“Kita sudah disurati dan kita pun memfasilitasi. Kita akan hearing selanjutnya, kalau tidak kami akan turun,” terangnya.

alterntif text

Kala itu Ismail juga menyarankan kepada Kelompok Forum Lintas Organisasi Kecamatan Kandis agar dapat membuat Tim Pendamping Tenaga Kerja sebagaimana yang sudah dibentuk di Kecamatan Minas.

Menurut keterangan dari salah seorang perwakilan tokoh pemuda di Kecamatan Kandis, dalam hal perekrutan (penerimaan) tenaga kerja PT KAI membuat salah satu aturan di dalam pra syarat yang mana bagi calon tenaga kerja yang ingin mendaftar tidak diperkenankan bagi anggota partai politik, ormas, organisasi pemuda maupun organisasi lainnya.

“Jadi dasar itu kami dari Kelompok Forum Komunikasi Lintas Organisasi Kecamatan Kandis menginisiasi untuk memberikan somasi perusahaan itu,” terang Sabar Sinaga.

Ia berharap agar semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Kandis bisa betul-betul memberikan perimbangan dalam hal penerimaan tenaga kerja.

“Kami bukan rayap, kami juga butuh makan, kami juga butuh uang untuk beli beras dan kami juga butuh bekerja untuk itu,” tambah Sabar Sinaga.

Dalam hearing itu, perwakilan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Kandis Syafri Sikumbang menyampaikan kecewaannya dengan aturan yang dibuat perusahaan.

“Kami tidak ada mengutak-atik permasalahan ini malah kami yang di kritik, tidak boleh mendaftar atau melamar dari organisasi, kami tidak bicara apa-apa kok disenggol?,” ungkapnya.

Syafri juga mempertanyakan sikap PT KAI itu apakah merupakan suatu kesilapan atau kesengajaan.(Ika)

alterntif text
tunggu...

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here