Beranda Headline Berita Pilihan Sejumlah Pustu Rusak, Diskes Mestinya Pro Aktif

Sejumlah Pustu Rusak, Diskes Mestinya Pro Aktif

658
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak) – Sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di kabupaten Siak terlihat seperti kandang usang, dan tidak terawat. Fenomena itu dapat ditemukan di beberapa kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Siak, seperti Pustu yang ada di kampung Benteng Hulu kecamatan Mempura, Puskesdes yang ada di kampung Bencah Umbai kecamatan Sungai Mandau, serta Pustu yang ada di kampung Banjar Seminai kecamatan Dayun.

Sejumlah Pustu dan Puskesdes tersebut, saat ini sangat membutuhkan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, mengingat sejumlah fasilitas yang ada di sana sudah sangat memprihatinkan, yang mana kondisi atap, lantai, dinding, dan plafon pada bangunan Pustu-pustu itu sudah selayaknya untuk dilakukan renovasi maupun pembangunan baru .

Baca Juga:  Dinas TPH Siak Hentikan Penggarapan Lahan 10 H di Sabak Auh, Ini Alasannya

Pemkab Siak melalui Dinas Kesehatan (Diskes) harus segera melek dengan kondisi ini, sebagaimana dikemukakan oleh salah seorang masyarakat kampung Bencah Umbai Tamrin (40, ia berharap Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang ada di kampungnya itu segera diperhatikan oleh Pemerintah.

Baca Juga:  Sat Lantas Polres Siak Beri Reward Pengendara yang Patuhi Aturan Lalu Lintas di Tualang
alterntif text

”Puskesdes yang ada di kampung kami ini dibangun sekitar tahun 90 an yang lalu, yang mana kondisinya sekarang sudah cukup parah, terutama atap dan lantainya, maka kami di sini sangat berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa memperhatikan kondisi Puskesdes kami ini atau membangun yang baru,” ujar Tamrin, Sabtu (17/10/2015) kepada Infosiak.com.

Kondisi yang sama juga terlihat pada bangunan Pustu yang terdapat di kampung Benteng Hulu kecamatan Mempura dan Pustu yang ada di kampung Banjar Seminai kecamatan Dayun, lantainya tampak sudah hancur lebur dan atapnya juga telah banyak yang mengalami kebocoran,

Baca Juga:  Lantik Saut Napitupulu, Sekda Ingatkan Pejabat agar Berinovasi dan Kreatif dalam Bekerja

Menjawab itu semua, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Siak Tony Candra menyebutkan, pihaknya akan segera mengusulkan ke Pemkab, agar sejumlah Pustu dan Puskesdes itu bisa sesegera mungkin direhab atau dilakukan pembangunan yang baru.

”Terkait kondisi sejumlah Pustu yang ada di kabupaten Siak itu, Dinkes sangat peduli, mudah-mudahan tahun depan akan dimasukkan untuk direhab,” jawab Tony singkat. (Miswanto/Gintok)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here