Beranda Politik Bak Spanduk Kampanye, Spanduk di SMKN 1 Mempura Ini Disertai Ajakan “Lanjutkan”

Bak Spanduk Kampanye, Spanduk di SMKN 1 Mempura Ini Disertai Ajakan “Lanjutkan”

21
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2018 masih sekitar Delapan bulan lagi. Namun suasana “Kampanye Politik” seolah sudah mulai terasa dari ujung hulu hingga ujung hilir, dari ujung daratan hingga ujung pesisir.

Seperti yang saat ini dirasakan oleh segenap masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Siak dan sekitarnya. Yang mana di sejumlah titik persimpangan jalan raya (tempat keramaian, red) banyak terpajang spanduk-spanduk, banner, dan baleho para kondidat/bakal calon Gubernur yang akan maju pada Pilgub Riau 2018 mendatang.

Seperti yang terlihat di sekitar tepian jalan raya Pasar Dayun dan tepian jalan raya menuju Pasar Perawang Kecamatan Tualang. Sejumlah spanduk para bakal calon Gubernur Riau sudah menghiasi jalan-jalan di sana. Tak terlepas di sekitar jalan raya yang ada di tengah Kota Siak Sri Indrapura.

Selain di sekitar tepian jalan raya, Spanduk (foto, red) bakal calon Gubernur Riau 2018 saat ini juga sudah mulai terpajang di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Siak. Seperti yang terlihat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Mempura.

Baca Juga:  Bangun Koalisi Sutarno Komunikasi Interns dengan PKS

Pantauan awak media di lapangan, di SMKN 1 Mempura itu spanduk/foto Gubernur Riau (yang dikabarkan juga termasuk salahsatu Kondidat Cagub Riau 2018, red) tampak terpajang dengan jelas di bagian tepi dinding salahsatu ruang kelas (lokal, red). Sehingga hal tersebut membuat masyarakat sekitar yang melihatnya menjadi bertanya-tanya, Karena menyertakan sebuah kalimat yang seakan-akan bernuansa kampanye.

Sebagaimana dikemukakan oleh Atok (36), salah seorang warga Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura yang tinggal di sekitar SMKN 1 Mempura. Dirinya menyebutkan bahwasanya belum lama ini di SMKN 1 Mempura dipajang spanduk Gubernur Riau yang pada spanduk itu tercantum kalimat “Lanjutkan”. Sehingga seolah-olah di spanduk itu ada imbauan kepada para siswa, guru, dan masyarakat untuk “melanjutkan” sesuatu.

Baca Juga:  KPUD Siak Dinilai Tak Becus Urusi Masalah APK
alterntif text

“Saya heran, kok di sekolah-sekolah ada spanduk yang seolah-olah beraroma kampanye, karena pada spanduk itu ada imbauan/tulisan “Lanjutkan”. Biasanya spanduk yang berisikan imbauan “Lanjutkan” dipasang saat tiba musim kampanye, dan kalimat itu biasanya dipakai oleh para calon-calon incumbent, untuk mengajak masyarakat melanjutkan program yang ada,” papar Atok, Ahad (01/10/2017) kemarin, kepada Infosiak.com.

Dikatakannya juga, jika memang tidak ada unsur/bermuatan aroma kampanye, alangkah lebih bijak dan indahnya pada spanduk itu cukup dicantumkan saja pokok-pokok (materi, red) program pendidikan yang saat ini berjalan. Dan rasanya tidak lah wajib mencantumkan kalimat “Lanjutkan”, karena dikhawatirkan bisa menimbulkan persepsi macam-macam bagi orang yang membacanya, karena terkesan seperti spanduk-spanduk kampanye para calon kepala daerah incumbent.

Baca Juga:  PT WSSI Siak Ingkar Janji atas Kerjasama dengan Empat Kampung di Koto Gasib

“Biasanya spanduk yang dipajang di sekolah itu, hanya dibubuhi (berisikan, red) tulisan materi program dunia pendidikan saja, dan kalau pun disertai gambar/foto, biasanya yang ditampilkan itu gambar Menteri Pendidikan, atau Kepala Dinas Pendidikan, atau Kepala Sekolah (Kasek) setempat, dan kita semua juga tau, untuk saat ini SMA dan SMK memang berada di bawah naungan Provinsi,” lanjutnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala SMKN 1 Mempura Sudarwanto SPd membenarkan, jika di sekolahnya dipasang/dipajang spanduk yang berisikan imbauan kepada sekolah, agar meningkatkan dan melanjutkan semua program pendidikan yang telah berjalan, guna percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas.

“Kami menerima surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, agar pihak sekolah memasang spanduk yang berisikan “lanjutkan percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas”,” terang Kepala SMKN 1 Mempura itu, Senin (02/10/2017), saat dikonfirmasi Infosiak.com. (Tok)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here