Beranda Riau Polisi Tetapkan 6 Orang Tersangka Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

Polisi Tetapkan 6 Orang Tersangka Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

81
karhutla riau
Print Friendly, PDF & Email

PEKANBARU (Infosiak.com) – Pihak kepolisian sepanjang tahun 2019 ini, sudah menetapkan beberapa orang tersangka dalam kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Riau.
Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menyebutkan, ditahun 2019 ini (hingga saat ini), total tersangka berjumlah 6 orang.

“Untuk satu tersangka sudah kita serahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) berikut dengan barang buktinya,” sebut Sunarto kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (7/3/2019) siang.
Baca: Kebakaran Lahan di Meranti Riau, Takut Apinya Menjalar, Andik Tidur di Kolong Rumah

Baca Juga:  Kebakaran di Riau, Api Mulai Membakar Lahan Konsesi PT Chevron

Keenam tersangka tersebut diamankan dari 5 kasus Karhutla di Riau, masing-masing terjadi di Kabupaten Bengkalis, Dumai dan Kepulauan Meranti.

“Tersangka dari Dumai yang paling banyak, ada 4 orang. Sedangkan dari Bengkalis dan Kepulauan Meranti masing-masing satu orang,” ujarnya.

kpu'

Sementara itu kata Sunarto, selain aspek penegakan hukum, personel jajaran Polda Riau juga dilibatkan langsung dalam pemadaman di area Karhutla.

Baca Juga:  Sejak Januari 3 Ribu Lebih Ha Lahan Terbakar di Riau, Polisi Tetapkan 16 Tersangka

“Untuk pelibatan personel, dari tiap-tiap Polres dan jajarannya. Kemudian BKO Brimob baik yang dari kompi Pekanbaru maupun dari Rohil untuk back up di Kabupaten Bengkalis dan Dumai,” sebutnya.

Lebih jauh dipaparkan Sunarto, anggota Polda Riau dan jajaran, yang ikut bergabung bersama dengan personel lainnya, terus berjibaku di lapangan dalam rangka memadamkan api.
Mereka juga membuat embung-embung penampung air untuk memadamkan Karhutla.

Baca Juga:  Kebakaran di Riau Meluas, Titik Panas Dideteksi di Areal 13 Perusahaan

Misalnya seperti yang dilakukan anggota Polres Meranti, Bripda Ameldo Fahira.
Bahkan dia membuat embung darurat di parit secara manual, tanpa bantuan alat.

Ditambahkan Sunarto, sebagai bentuk kepedulian dan atensi Polda Riau kepada anggota-anggota yang bertugas di lapangan lantaran sangat kekurangan sarana prasarana pemadaman, pihaknya sudah mengirimkan bantuan sebanyak 10 unit pompa air. “Kita ikut andil untuk meringankan kesulitan pasukan di lapangan,” tandasnya.

Sumber : Tribunnews
Editor : Afrijon

kpu'
loading...