Beranda Dayun Pimpin Upacara Hardiknas, Camat Ricko: Peserta Didik Harus Miliki Karakter

Pimpin Upacara Hardiknas, Camat Ricko: Peserta Didik Harus Miliki Karakter

122
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

DAYUN (Infosiak.com) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Dayun Kabupaten Siak Riau, menggelar upacara “Peringatan Hardiknas” bersama segenap Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Dayun, Kamis (02/05/2019) pagi, di lapangan Kantor Camat.

Upacara Peringatan Hardiknas yang digelar selama sekitar Satu jam tersebut, dipimpin langsung oleh Camat Dayun Ricko Riyanto, dengan dihadiri para Penghulu Kampung, Kepala Sekolah (Kasek), tokoh masyarakat, serta ratusan pelajar dari berbagai sekolah se-Kecamatan Dayun.

Dalam pidatonya, Camat Ricko menyampaikan (membacakan, red) pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) untuk para generasi bangsa. terkhusus kepada para tenaga pendidik (guru, red) agar terus bersemangat dalam memajukan dunia pendidikan dan kebudayaan di tanah air.

Baca Juga:  Bupati Alfedri Buka Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMAN 2 Dayun, Ada yang Dapat Sepeda

“Saudara sebangsa dan setanah air,
Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”,” papar Camat Ricko, di hadapan para peserta upacara.

new

Tema yang diusung pada peringatan Hardiknas kali ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Baca Juga:  Pelaku Usaha Binaan PTPN V Terima Bantuan Dana

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Saudara sebangsa dan setanah air,
Peradaban dunia berkembang secepat deret ukur. Sementara dunia pendidikan bergerak seperti deret hitung. Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik.

Baca Juga:  Balek Kampung, Sayed Abubakar Resmikan Tiga Titik Sarana Air Bersih di Siak

“Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat. Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital,” tutup Camat.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

new

loading...
tour_de'
BAGIKAN