Beranda Tualang Petani Sayur Binaan CSR PT IKPP Raih Omset Pulugan Juta Per Bulan

Petani Sayur Binaan CSR PT IKPP Raih Omset Pulugan Juta Per Bulan

32
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – Safardi, petani sayuran di Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Riau adalah salah satu dari sekian banyak petani sukses hasil binaan CSR PT Indah Kiat Perawang.

Setelah berhenti dari PT Surya Dumai, Ia sempat mencoba berbagai macam usaha seperti kedai nasi, ternak bebek dan usaha lainnya, namun tidak berlangsung lama.

Keputusan penting untuk membanting setir menjadi petani diambilnya beberapa tahun lalu.

Baca Juga:  Berkat Bantuan Sapi Indukan CSR IKPP Perawang, Lasiman Sukses Jadi Peternak Kambing

Dia melakukan budidaya berbagai macam jenis sayuran bayam dan kangkung. Jenis bayam yang dibudidayakan seperti bayam hijau, bayam merah dan bayam Malaysia.

Produk sayuran dipasarkan melalui pedagang yang langsung datang ke kebunnya. Sehari Safardi mampu menghasilkan 500 sampai 600 ikat sayur dengan harga Rp 1500 Per ikat dengan omset mencapai 900 ribu per hari. Pasar utama hasil panen Safardi adalah masih pasar di Perawang.

Baca Juga:  Bulan K3 Nasional, HSEI Reg Siak Bersama Dandim 0303 & PMI, Gelar Donor Darah

“Alhamdulillah, dengan terpilihnya saya sebagai salah satu petani terbaik di Perawang memotivasi saya untuk lebih giat dalam membudidayaan sayur,” katanya.

Berkat kerja keras dan pinjaman modal dari Koperasi Rumah Pintar Abdul Wahid PT. Indah Kiat Perawang, Rifai berhasil mengembangkan usaha taninya.

Baca Juga:  Bantuan APBN Kandang Sapi Di Maredan Barat Tanpa Ternak, Tanggapan Warga Dan Eks Penghulu Bertolak Belakang

Pimpinan Publik Affair PT Indah Kiar Perawang, Murseno mengatakan, bahwa sebelum bertani, para petani ini dibekali pelatihan terlebih dahulu. Para petani mengikuti pelatihan dengan sistem pertanian terpadu.

“Kita juga memberikan pinjaman modal, kepada petani binaan perusahan. Inilah bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, dan diharapkan dapar membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnta.

Laporan : Jhon

loading...