Beranda Rokan Hilir Peringati Hari TB, Puskesmas Bagan Batu Ketuk 1.000 Rumah

Peringati Hari TB, Puskesmas Bagan Batu Ketuk 1.000 Rumah

65
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

ROHIL, Publiknews – Peringati hari TB (Tubercolosis) sedunia yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2017, Puskesmas Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir akan mengadakan program ketuk pintu 1000 rumah di Wilayah.

Kepala Pukesmas Bagan Batu, Dr. Josafat menyampaikan dalam waktu dekat pada puncaknya hari TB sedunia akan mengunjungi kerumah penduduk untuk memulai kegiatan ketuk pinti 1000 rumah. Hal tersebut diungkapkan Rabu (8/3/17) saat istirahat siang dikantin Pukesmas Bagan Batu.

Baca Juga:  Polres Rohil Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri 2017

“Tim kita nanti akan memeriksa dahak hanya piksase saja atau pewarnaan sample dahak baru dan diperiksa di laboratorium untuk mengidentifikasi apa terkena virus atau tidak,” sebutnya Josafat.

Dalam kegiatan tersebut dari tim medis Puskesmas Bagan Batu memprioritaskan dengan mengunjungi warga untuk memberitahukan dimana rumah yang ada anggota keluarganya suspect TBC ditahun ini sehingga penderita berkurang.

Baca Juga:  Minta Kegiatan Lancar, Dispora Rohil Gelar Yasinan Tiap Jumat

Josafat, menyebut dalam pemeriksaan tersebut diprioritaskan kepada anggota keluarga yang tinggal satu rumah, serta kepada warga yang  mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh selama 2 minggu atau lebih.

“Bagi yang mengalami sampai 2 minggu atau lebih batuk-batuk itu kita periksa kalau didapat indikasi TBC baru kita lakukan penanganan lebih lanjut,” ujarnya

Berdasarkan data yang dihimpun untuk di wilayah Bagan Sinembah   ini sudah ribuan warganya yang suspect virus TBC, ada 4.819 orang yang Suspect TBC di kecamatan Bagan Sinembah, jadi ini ditangani secara serius.

Baca Juga:  Warga Rohil Ditemukan Membujur Kaku di Rumahnya

“Selain itu kegiatan program ketuk pintu 1000 rumah merupakan bagian dari pemerintah pusat dalam memangkas habis TB yang sempat menyebar di tengah masyarakat merupakan bagian dari kepenghuluan menuju Indonesia bebas TB,” pungkasnya.(ton)

tour_de'