Beranda Pendidikan Belajar Demokrasi, Begini Pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 5 Tualang

Belajar Demokrasi, Begini Pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 5 Tualang

251
0
BERBAGI
alterntif text

PERAWANG (Infosiak.com) – Siswa SMA Negeri 5 Tualang menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) priode 2018/2019, Kamis (2/8/2018).

Pemilihan yang dihelat di halaman sekolah, Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, berlansung layaknya pemilihan umum.

Baca Juga:  Badan Ekonomi Kreatif Gelar Workshop untuk Siswa SMKN 1 Siak
DPRD

Pemilihan itu menghadirkan dua pasangan kandidat, calon ketua dan wakil OSIS. Kedua pasangan kandidat yaitu, nomor satu Rifki Saputra kelas 11 IPA berpasangan dengan Reyhan kelas 10 IPS sedangkan nomor dua Ilham Fajar kelas 11 IPS berpasangan Tika Tri Ambarwati kelas 11 IPA.

Baca Juga:  Badan Ekonomi Kreatif Gelar Workshop untuk Siswa SMKN 1 Siak
Kepala SMA Negeri 5 Tualang Drs Johan
Kepala SMA Negeri 5 Tualang Drs Johan dan Pembina Osis Deswita ikut berpartisipasi memberikan hak suara pemilihan ketua Osis.

Tidak jauh beda dengan proses Pemilu, terdapat beberapa kotak suara yang disediakan penyelenggara pemilihan OSIS di teras sekolah.

Sebelum melakukan pencoblosan, para kandidat diminta menyampaikan visi dan misinya di sekolah seperti halnya pemilihan umum melakukan kampanye.

Jumlah daftar pemilih di ajang pesta demokrasi tahunan itu sebanyak 717 siswa maupun guru. Usai dilakukan perhitungan suara pemilihan ketua dan wakil OSIS dimenangkan oleh pasangan nomor urut dua Ilham Fajar dan Tika Tri Ambarwati dengan meraih suara sebanyak 457 pemilih. Sedangkan nomor urut satu Rifki Saputra dan Reyhan hanya meraih suara sebanyak 250 pemilih. Suara tidak sah sebanyak 10 orang.

Kepala SMA Negeri 5 Tualang meminta kontestan yang mengikuti pemilihan agar dapat menerima hasil penghitungan suara.

“Harapan Kita pengurus OSIS ini bisa menjadi mitra buat sekolah, memajukan sekolah dan meningkatkan kedisiplinan. Dan tak kalah pentingnya juga prestasi yang tak lepas dari peran dari pengurus OSIS. Nantinya, program-program yang akan mereka buat tentunya harus disinkronkan lah dengan program sekolah. Bagaimanapun mereka ini sama halnya dengan belajar berorganisasi bagaimana memimpin. Mudah-mudahan dari mereka nanti ada yang menjadi pemimpin bangsa ini,” harap Kepala SMAN 5 Tualang Drs Johan kepada Infosiak.com, Kamis (2/8/2018).

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar