Beranda EKONOMI Pemkab Rohil Upayakan Pengembangan Budi Daya Ikan dan Asuransi Nelayan

Pemkab Rohil Upayakan Pengembangan Budi Daya Ikan dan Asuransi Nelayan

118
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

ROHIL (Publiknews)- Pemerintah kabupaten Rokan Hilir melakukan panen ikan upaya budidaya Kelompok Usaha Bersama Membuahkan hasil belasan ton ikan di kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko.

Ketua Kelompok Usaha Bersama, lbrahim, mampu mengembangkan budidaya ikan membuahkan hasil. Dari tiga kolam ikan bisa menghasilkan belasan ton ikan. Tentunya budidaya tambak kolam ikan patin di desa maupun kelurahan bisa dikembangkan lagi.

Bupati Rohil H .Suyatno, menyebutkan, pemerintah daerah rokan hilir menyampaikan apresiasi kepada kelompok koperasi bina usaha bersama yang telah mengembangkan budidaya ikan patin tersebut.

Bupati Rohil H Suyatno menyerahkan kartu asuransi kepada para nelayan di Rohil

“Hari ini kita lakukan panen ikan patin sangat membuahkan hasil yang sangat cukup bagus dari tiga kolam ikan bisa menghasilkan belasan ton ikan. Tentunya kita juga mengharapkan budidaya tambak kolam ikan patin di desa maupun kelurahan bisa dikembangkan lagi,” ajaknya.

Untuk pasaran ikan patin ini sangat luar biasa. Untuk kebutuhan lokal aja itu hampir 200 (dua ratus kilo). Dengan keterbatasan kolam dan lain-lainya, melalui dinas perikanan dan kelautan segera buat program untuk membantu koperasi yang mengarahkan ke bidang perikanan.

Baca Juga:  Pengumuman Penting: Mulai Sore Tadi Harga BBM Premium Naik 7 Persen

“Untuk mengurangi beban pemerintah, nantinya kita harapkan Diskanlut bisa membuat tambak kolam ikan patin maupun ikan lele bisa di lestarikan setiap desa atau keluarah agar bisa menambah pendapatan dari pada masyarakat itu sendiri,” sebut Bupati.

Bupati Suyatno mengharapkan pembinaan kelompok ini harus berkembang dan berkembang, untuk kawasan kolam ikan ini harus bertambah dari tujuh harus dua puluh kolam. Dan bagi para nelayan Rohil diharap sudah mengantogi kartu ansuransi nelayan.

Manfaat Kartu Asuransi Nelayan

Bupati Rohil H. Suyatno serahkan kartu asuransi Nelayan Kepada Kecamatan Bangko. Perwakilan Kelompok Koperasi Bina Usaha Bersama di Kelurahan Bagan Barat. Ia menyampaikan sebanyak 15 ribu orang Nelayan di Rohil. Yang berasal dari panipahan sekitar 6 ribu, dari pulau halang, Sinaboi, tambah lagi dari Kecamatan Bangko.

Baca Juga:  Mulai Januari Subsidi Dicabut, Tagihan Listrik Pelanggan 900 VA Bakal Naik?

“Kita berharap pada pemerintah pusat untuk selanjutnya kita harus perihatinkan nasib para nelayan di Rohil,”ujar Suyatno.

Kartu Nelayan yang dipersiapkan bagi para nelayan di Rohil

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil M. Amin, mengatakan keseluruhan nelayan tangkap Rokan Hilir saat ini berjumlah 15.024 orang. Dari sejumlah itu, sekitar 2.553 orang nelayan sudah kantongi kartu asuransi gratis untuk tahap satu (awal).

“Untuk tahap dua, kita telah ajukan lagi ke KKP. Untuk itu bagi nelayan yang masih belum mendapat asuransi tersebut kita himbau untuk mendaftar guna kita ajukan pada tahap selanjutnya,” kata dia.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil, M. Amin

Dijelaskan Amin, jika nelayan kecelakaan di laut dan meninggal dilaut akan mendapat asuransi sebesar Rp. 200 juta, tetapi jika kecelakaan di laut tetapi meninggal di darat akan memperoleh asuransi Rp. 160 juta. Sedangkan untuk kecelakaan akibat aktivitas penangkapan ikan yang menyebabkan cacat tetap Rp 100 juta, dan santunan untuk biaya pengobatan Rp 20 juta.

Baca Juga:  DLH Rohil Sosialisasi Cegah Karlahut

“Mereka diasuransi oleh Program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP-RI) melalui Dinas Perikanan dan Keluatan Rohil,”Sebut M .Amin, Senin (4/9/2017) diruang kantornya.

“Persyaratan ansuransi nelayan kecil & nelayan tradisional tersebut harus memiliki kartu nelayan, maksimal berusia 65 tahun, tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang, maksimal ukuran kapal 10 GT, dan tidak pernah mendapatkan program bantuan asuransi dari manapun.”terangnya

Kemaren 2 orang nelayan yang kena musibah meninggal sudah mendapatkan klaim asuransi tersebut yang langsung diberikan kepada ahli waris yang diserahkan oleh Gubernur Riau pada waktu acara di Rantau Bais.(Advetorial Humas)

tour_de'