Beranda EKONOMI Pasca Lebaran, Harga TBS Sawit Riau Kembali Naik, PKS Diminta Patuhi Arahan...

Pasca Lebaran, Harga TBS Sawit Riau Kembali Naik, PKS Diminta Patuhi Arahan Gubri

4048
Print Friendly, PDF & Email

RIAU (Infosiak.com– Harga TBS kelapa sawit penetapan periode 27 April sampai dengan 10 Mei 2022, mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp 89,18/Kg atau mencapai 2,33 persen dari harga minggu lalu.

“Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp3.919,87/Kg,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (26/04/2022) lalu.

Baca Juga:  Dampak Buruk Larangan Ekspor CPO, Harga TBS Sawit di Riau Anjlok, Petani Menangis

Ia menjelaskan naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan Kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan harga sebesar Rp 137,36/Kg dari harga minggu lalu, Sinar Mas Group mengalami kenaikkan harga sebesar Rp 199,78/Kg dari harga minggu lalu, PT. Astra Agro mengalami kenaikan sebesar Rp 213/Kg dari harga minggu lalu, PT. Asian Agri mengalami kenaikan sebesar Rp. 286,89/Kg dari harga minggu lalu.

Baca Juga:  Panen Raya Cabe, Bupati Siak Harap Petani Tiru Suryono

Sedangkan untuk harga jual Kernel, Asian Agri Group melakukan penjualan dengan harga sebesar Rp 11.475,00/Kg dan Astra Agro menjual dengan harga Rp 10.945,95/Kg.

“Sesuai arahan Gubernur Riau (Gubri), Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang menerapkan harga di bawah harga yang telah ditetapkan ini akan diberikan sanksi tegas,” jelasnya.

Baca Juga:  PPK Proyek Pasar Lembayung Pastikan Perbaikan Segera

Laporan: Atok
Sumber: riau.go.id

loading...