Beranda Tualang Panwascam Tualang Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

Panwascam Tualang Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

64
Print Friendly, PDF & Email

PERAWANG (Infosiak.com) – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tualang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Hotel Perawang, Minggu (10/6/2018). Panwascam Tualang menghadirkan narasumber dari Komisioner Bawaslu Siak Divisi Penyelesaian Sengketa.

Sosialisasi dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama sama aktif di dalam proses pemilu. Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Siak Salmon Daliyoto mengatakan pengawasan pemilu bertujuan untuk memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas.

Baca Juga:  Dilepas CSR PT IKPP Perawang ke Jakarta, Eliza tak Percaya Dirinya Lulus Program Beasiswa

Serta dilaksanakannya perundang undangan  mengenai pemilu secara menyeluruh. Mewujudkan pemilu yang demokratis, menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pemilu.

“Harapan kita kesadaran dan partisipasi masyarakat semakin tinggi dalam proses pemilu. Selain mengawasi, bawaslu dapat melakukan pencegahan yakni melakukan pemetaan potensi pelanggaran, peningkatan partisipasi masyarakat dan koordinasi dengan para pihak,” jelas Salmon dalam sosialisasi pengawasan pemilu di High land Hotel Perawang, Rabu (19/12/2018).

Baca Juga:  Lebih Hemat dari LPG, 4.000 Rumah Tangga di Perawang Bakal Nikmati Jaringan Gas PGN

Selanjutnya kata Salmon, Bawaslu melakukan pengawasan persiapan dan tahapan pemilu yakni seperti perencanaan jadwal, sosialisasi, pendaftaran pemilih, penetapan calon, kampanye dana kampanye, logistik, pemungutan dan rekapitulasi.

Kemudian melakukan penindakan dan penyelesaikan sengketa yakni menerima, memeriksa, mengkaji dan memutuskan dugaan pelanggaran pemilu.

Baca Juga:  Ada Laporan Lagi dari Warga, Satpol PP Siak Amankan Belasan Perempuan di Perawang

Sebanyak 66.175 pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Tualang yang akan menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Dari jumlah tersebut, 33.808 di antaranya pemilih pria dan 32367 perempuan. Mereka tersebar di 14 kampung dan kelurahan.

Acara tersebut, dihadiri Ketua Panwascam Tualang, PPK dan PPS, para pengawas kampung dan kelurahan, tokoh masyarakat serta mahasiswa.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...