Beranda Travel Mengenal “Tengku Sida Sida” Sang Arsitek Perancang Balai Kerapatan Tinggi Siak

Mengenal “Tengku Sida Sida” Sang Arsitek Perancang Balai Kerapatan Tinggi Siak

325
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Di masa berdirinya Kerajaan/Kesultanan Siak Sri Indrapura, konon ada seorang arsitek handal yang merupakan salahsatu orang kepercayaan Sultan (Raja Siak, red) dalam bidang pembangunan infrastruktur. Beliau adalah Syed Abdurrahman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tengku Sulung Putra (Tengku Sida Sida).

Berdasarkan catatan sejarah, Tengku Sida Sida merupakan orang yang dipercaya oleh Sultan untuk merancang pembangunan Balai Kerapatan Tinggi Siak, serta merancang dan membuat ornamen Burung Elang yang tersemat di puncak/ujung tiang Istana Asserayah Al Hasyimiah Siak.

Atas besarnya peran dan sumbangsih Tengku Sida Sida terhadap kemajuan dan pembangunan di masa Kesultanan Siak itu, pada beberapa waktu lalu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Daerah Riau memberikan penghargaan kepada Tengku Sida Sida. Bahkan, beliau juga dinobatkan sebagai salahsatu Arsitek terbaik di masa Kesultanan Siak.

Baca Juga:  Tambah Wawasan, Sekolah ini Boyong Anak Didik ke Objek Wisata BJ Go Green Siak
Balai Kerapatan Tinggi Siak

Guna mendapatkan informasi tentang riwayat hidup Tengku Sida Sida tersebut, belum lama ini Infosiak.com mencoba mencari keterangan dari sejumlah tokoh dan para sesepuh yang ada di Kabupaten Siak. Alhasil, dari penjelasan singkat yang disampaikan oleh Tokoh Budayawan Siak H Said Muzani, disebutkan bahwasanya almarhum Tengku Sida Sida merupakan salahsatu arsitek yang sangat berjasa pada saat pembangunan Balai Kerapatan Tinggi Siak.

kpu'

“Iya, beliau (Tengku Sida Sida, red) adalah arsitek yang merancang bangunan Balai Kerapatan Tinggi Siak, termasuk juga yang membuat ornamen Burung Elang di Istana Siak. Namun, kalau soal kepastian tahun kewafatannya, kita belum tau persis tahun berapa beliau wafat, nanti akan kita cari dan telusuri lagi tentang riwayat beliau ini,” jelas H Said Muzani, kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Serimonial Pembukaan TdSi Digelar di Gedung Daerah, Ada Artis Andra and the BackBone

Apa yang telah disampaikan oleh tokoh budayawan Siak itu, sangat sesuai dan selaras dengan keterangan yang tercantum pada Pusara (makam, red) Tengku Sida Sida yang berlokasi di area pemakaman tua Kepenghuluan Kampung Tengah Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Namun sayang, di makam Tengku Sida Sida itu, tidak ada catatan di batu nisannya tentang tanggal, bulan, dan tahun wafatnya beliau. Sehingga belum diketahui secara pasti tahun berapa beliau wafat.

Berikut catatan singkat yang tercantum di lokasi makam Tengku Sida Sida:

Baca Juga:  Pekan Depan Kompetisi BMX Lokal Digelar, Panitia Sediakan Sepeda untuk Peserta Anak-anak

(Syed Abdurrahman)
Tengku Sulung Putra
Tengku Sida Sida Indra
(Architic Open Bare Weken)

Tengku Sulung Putra merupakan arsitek Kerajaan Siak Sri Indrapura, ia termasuk salah seorang yang merancang bangunan Balai Kerapatan Tinggi (balai ruang seni) serta ornamen Elang di Istana Asserayah Al Hasyimiah.

Tengku Sulung Putra wafat di Siak Sri Indrapura dan dimakamkan di Sungai Mempura.

Tengku Sida Sida Indra seorang ksatria yang perkasa, kehebatannya dikenal dengan istilah “Lompatan Sekayu Kain”. Beliau merupakan putra dari Tengku Sukma Yuda (Syed Hasan) Bin Tengku Syaid Hamid (Tengku Besar Kerajaan Pelalawan).
Wallahu A’lam Bish Showab.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

loading...
tour_de'
BAGIKAN