Beranda Mempura Terapkankan Pendidikan Karakter, Prestasi demi Prestasi Mulai diraih SMPN 1 Mempura

Terapkankan Pendidikan Karakter, Prestasi demi Prestasi Mulai diraih SMPN 1 Mempura

125
0
BERBAGI
alterntif text

MEMPURA (Infosiak.com) – Membentuk karakter yang baik merupakan hal besar yang menjadi tugas utama seorang guru sebagai seorang pendidik. Berdasarkan hal itu Kepala SMPN 1 Mempura Winda Harniati membiasakan murid-muridnya disiplin, berakhlak yang baik dan bertanggung jawab.

Sehingga, menghantarkan, SMPN 1 Mempura pada 2016 lalu meraih juara harapan I tingkat internasional The Effects Of Spray Fermented Plant Extract Lemon Grass to Kangkung’s (Ipomea Reptans, Poirs) Growth (Ipomea Reptans, Poirs)

“Setiap pagi, para guru menyambut anak-anak di gerbang sekolah, memberi salam dan tegur sapa, dilanjutkan doa bersama sebelum belajar, membaca Al qur’an bagi yang muslim serta shalat zhuhur berjamaah pada waktunya,” kata Winda.

Menurut Winda, pendidikan sebagai proses pembelajaran, untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang sesuatu hal yang baru. Guru diharapkan dapat memberikan keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik.

ali

“Hal itu mulai membuahkan hasil, hubungan sesama guru, guru dengan siswa serta sekolah dengan lingkungan semakin baik. Prestasi demi prestasi mulai diraih dalam bidang akademik, olah raga maupun keagamaan. Akreditasi sekolah semakin tinggi dan prestasi UN juga meningkat,” ujar Winda Rabu (20/9/2017).

Pembiasan inilah yang harus diperhatikan dalam membangun sekolah berkarakter. Ketika menamakan sebagai sekolah berkarakter,dengan menanamkan 5 nilai utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan Integritas. maka segala yang berkaitan dengan sekolah tersebut juga harus berkarakter. Setidaknya menjaga perilaku dan lisan ketika di dalam sekolah.

Dengan sistem pendidikan yang komprehensif yang memadukan intelektualitas, spiritualitas, dan kematangan emosi itu, tak mengherankan jika sekolah ini banyak mencetak siswa berprestasi. Salah satu prestasinya adalah juara harapan I dalam ajang pencarian peneliti muda tingkat ASEAN dan termasuk sekolah Adiwiyata Nasional.

Selain itu, menjadi sekolah model percontohan di kabupaten Siak, sekolah yang berhasil menjalin kerja sama dengan pejabat pendidikan Laut Matang Malaka, dan menjadi percontohan wustho.(rls)

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar