Beranda Travel Makam “Van Rossum” di Benteng Hulu, Saksi Bisu Tewasnya Serdadu Belanda di...

Makam “Van Rossum” di Benteng Hulu, Saksi Bisu Tewasnya Serdadu Belanda di Siak

536
BAGIKAN
tour_de'
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Berjarak sekitar 200 meter dari komplek Tangsi Militer Belanda, terdapat pemakaman umum yang sejak ratusan tahun lalu digunakan sebagai tempat persemayaman terakhir bagi masyarakat Benteng Hulu (Benhul) yang meninggal dunia.

Dari sekian banyak makam di lokasi pemakaman umum tersebut, terdapat Lima makam (kuburan tua, red) yang konon disebut-sebut sebagai kuburan serdadu/tentara Belanda. Dimana salahsatu dari kuburan tua itu bertuliskan:
“Laatste Rusiplaats” (Tempat Peristirahatan Terakhir)
VAN
P.J.J Van Rossum.
Geboren : 25 Januari 1884 Le’t Hage.
Overleden: 23 Februari 1919 te Siak.

Baca Juga:  Bupati Alfedri Tutup Event SBR 2019, Team Dayung Bekasi Sabet Juara 1

Dengan ditemukannya makam tua atas nama “Van Rossum” tersebut, telah membuktikan bahwasanya pada beberapa ratus tahun silam ada serdada/tentara Belanda yang meregang nyawa di bumi Melayu Siak Sri Indrapura.

Namun, sejauh ini belum diketahui secara pasti apakah kematian Van Rossum itu diakibatkan karena terjadinya peristiwa peperangan, atau karena sebab lain.

Baca Juga:  Percantik Kawasan Tangsi Belanda, Pemkab Siak Kucurkan Anggaran Rp1,7 M

Bahkan, sejauh ini juga belum diketahui secara pasti apakah Van Rossum yang makamnya berada di Kampung Benteng Hulu itu merupakan salah seorang pejabat tinggi Keresidenan Belanda di Siak, atau hanya prajurit bawahan (keroco, red) yang hanya bertugas sebagai tukang sapu di lingkungan Markas Besar Tangsi Belanda.

Baca Juga:  Mengenal "Tengku Sida Sida" Sang Arsitek Perancang Balai Kerapatan Tinggi Siak

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

loading...
tour_de'
BAGIKAN