Beranda Siak Lima Kampung di Siak Ajukan Sanggahan Hasil Pilpeng 2021, Budhi Yuwono: Sedang...

Lima Kampung di Siak Ajukan Sanggahan Hasil Pilpeng 2021, Budhi Yuwono: Sedang Berproses

205
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), menjadwalkan akan melakukan pelantikan terhadap penghulu terpilih hasil Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak tahun 2021 pada sekitar akhir Desember mendatang.

Sebagaimana diketahui, pada Pilpeng serentak tahun 2021 ini terdapat sebanyak 37 kampung di Kabupaten Siak yang mengikuti. Dari 37 kampung itu, saat ini dikabarkan ada 5 kampung yang mengajukan sanggahan/gugatan atas hasil Pilpeng 2021, sedangkan 32 kampung lainnya dinyatakan sudah final dan tidak ada permasalahan.

Baca Juga:  Wabup Husni Apresiasi PTPN V dan UPZ yang Komit Tingkatkan Pengumpulan Zakat

Menanggapi adanya Lima kampung yang melakukan sanggahan atas hasil Pilpeng serentak tahun 2021 ini, Plt Kepala DPMK Kabupaten Siak Leonardus Budhi Yuwono M.Si menuturkan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah agar persoalan tersebut bisa segera terselesaikan.

“Pada Pilpeng serentak tahun 2021 ini, ada Lima kampung yang mengajukan keberatan/sanggahan. Lima kampung itu antara lain adalah Kampung Rantau Bertuah, Pinang Sebatang Barat, Maredan Barat. Sri Gemilang, dan Teluk Lanus,” terang Budhi Yuwono, Kamis (25/11/2021) siang, kepada Infosiak.com.

Lebih lanjut Budhi mengatakan, beberapa kampung diantaranya sudah ada yang melakukan kesepakatan dan telah mencabut laporannya. Sedangkan beberapa kampung lainnya ada yang sedang berproses.

Baca Juga:  Rapat PPWK, Kakan Kesbangpol Siak: Wawasan Kebangsaan Harus Diperkuat

“Untuk penyelesaian laporan sanggahan hasil Pilpeng ini difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) setempat. Kita mengharapkan bisa segera ditemukan “win-win solution” sehingga proses penetapan pemenang Pilpeng dan pelantikan penghulu terpilih bisa berjalan sesuai tahapan dengan aman, tertib, dan lancar,” lanjut Budhi.

Saat ditanya terkait rencana pelantikan penghulu terpilih hasil Pilpeng serentak 2021, Budhi Yuwono mengaku belum tau pasti kapan waktu/tanggalnya. Namun berdasarkan tahapan pelaksanaan Pilpeng serentak tahun 2021, di situ disebutkan jadwal pelantikan terhadap penghulu terpilih pada sekitar tanggal 13 – 17 Desember 2021.

Baca Juga:  Sekda Siak Said Hamzah: ASN Dituntut ‘Talented’ dan ‘Multitasking’

“Tanggal pastinya saya belum tau, tapi sesuai tahapan Pilpeng serentak 2021, pelaksanaan pelantikan penghulu terpilih dijadwalkan pada sekitar tanggal 13 – 17 Desember 2021. Untuk jadwal pelantikan akan menyesuaikan dengan waktu dan kegiatan pimpinan dan pertimbangan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan kampung,” tutup Budhi.

Laporan: Atok
Editor: Redaksi Infosiak

loading...