Beranda Kesehatan Turunkan Angka Stunting, Pemerintah Fokus Tangani di 1.000 Desa

Turunkan Angka Stunting, Pemerintah Fokus Tangani di 1.000 Desa

179
0
BERBAGI
alterntif text

JAKARTA (Infosiak.com) – Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada para menteri untuk segera bertindak menurunkan angka stunting di Indonesia. Ditargetkan ada 1.000 desa di Indonesia yang akan jadi fokus penurunan stunting.

“Tadi juga disampaikan bahwa intervensi stunting ini akan dilakukan di seluruh Indonesia. Kita akan fokus pada 1.000 kabupaten dengan 1.000 desa. Tahun depan kita tambah lagi menjadi 160 kabupaten menjadi 1.600 desa,” ujar Menko PMK, Puan Maharani di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2018).

Puan menjelaskan, pemerintah telah membuat peta koordinasi antar kementerian dan lembaga untuk menurunkan stunting atau gizi buruk kronis tersebut. Sejumlah program juga disiapkan mulai dari pangan hingga sanitasi.

DPRD

“Penurunan stunting dilakukan secara bersinergi antara kementerian. Kita sudah mempunyai peta kementerian lembaga mana saja yang kemudian harus bertanggungjawab untuk bisa intervensi melakukan penanganan stunting ke depan. Yang diperlukan pertama adalah bagaimana kita melengkapi atau membuat sanitasi, MCK, gerakan masyarakat hidup sehat. Kita juga berolahraga, perilaku hidup sehat, cuci tangan dengan sabun,” jelas Puan.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan program penanganan stunting bakal dimulai dari Posyandu setempat.

“Data saat ini anak yang menderita stunting ada 8-9 juta anak. Tingginya di (Indonesia bagian) timur. Yang utama adalah ada desa membuat padat karya tunai. Itu kan semua kementerian lintas sektor. Oleh karena itu 1.000 desa tahun ini kita coba di titik poin Posyandu,” jelas Nila.


Sumber : Detik
Editor : Afrijon

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar