Beranda Kesehatan Mengenal Lebih Jauh Obat-Obatan Berbahaya yang Diamankan Polisi di Perawang

Mengenal Lebih Jauh Obat-Obatan Berbahaya yang Diamankan Polisi di Perawang

1358
0
BERBAGI
alterntif text

PERAWANG (Infosiak.com) – Sangat memprihatinkan, ketika melihat penyalahagunaan obat-obatan kini mulai marak oleh kalangan pemuda dan pelajar. Obat-obatan golongan G yang merupakan golongan obat-obatan yang berbahaya, kini mudah sekali dijumpai di kalangan pelajar dan pemuda. Obat-obatan tersebut sedang digandrungi pelajar dan pemuda saat ini.

Baru-baru ini Polsek Tualang berhasil mengungkap peredaran obat-obatan berbahaya di dua tempat berbeda. Polisi menangkap pasangan suami istri dan satu orang perempuan. Dari ketiga tersangka polisi menyita sebanyak 2,562 butir obat-obatan tanpa izin edar dari berbagai merk seperti Tramadol, Hexymer, Trihexyphenidyl dan Neo Protifed. Lantas bagaimana tingkat bahaya dari obat-obatan tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, inilah bahaya pil Tramadol, Hexymer dan Trihexyphenidyl yang dapat membuat pengguna menjadi fly dan memabukkan.

Tramadol

Obat tramadol ini sejatinya bermanfaat untuk kesehatan, Namun dewasa ini pemakaian obat tramadol tanpa resep dokter semakin merebak terlebih lagi di kalangan para kaula muda yang banyak menggunakan obat ini untuk mabuk-mabukan karena efeknya bisa menenangkan, membuat fly.

Tanpa pengawasan dokter obat ini akan menjadi racun bagi siapa saja yang mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ambang batas penggunaan tramadol setiap harinya adalah tidak lebih dari 400 mg sementara untuk usia 75 tahun ke atas tidak lebih dari 300 mg, Obat ini pun tidak di rekomendasikan untuk di berikan pada anak dibawah usia 17 an karena dapat menyebabkan efek samping yang parah.

Namun sayangnya penyalahgunaan obat tramadol ini lebih banyak di salah gunakan pada anak usia 17 an dimana memiliki tingkat resiko efek samping yang sangat tinggi.

ali

Lantas kerusakan apa saja yang bisa di sebabkan karena penggunaan tramadol yang di salah gunakan? Berikut merupakan efek samping tramadol seperti kesulitan bernapas, napas menjadi lebih lambat, linglung, atau kesulitan tidur. Beberapa efek samping yang umum terjadi, pusing dan limbung, lelah dan mengantuk, mual dan muntah, konstipasi dan sulit buang air kecil, mulut kering, perut kembung, dan diare, lambung rusak, menurunnya daya ingat, fungsi sosial terganggu dan intelektual menurun serta berbagai kerusakan pada saraf pusat lainnya.

Hexymer

Dalam istilah medis, obat ini dikenal dengan sebutan hexymer. Obat ini kerap dikonsumsi mereka yang mengidap penyakit parkinson. Hexymer bekerja dengan membentuk keseimbangan pada sistem saraf. Obat ini juga dikategorikan sebagai psikotropika golongan IV. Peredarannya memerlukan resep dokter dan ditandai dengan lambang salib merah. Obat yang mengandung bahan kimia trihexyphenidyl hydrochloride itu merupakan obat pengurang ketegangan.

Jika dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis, pengguna Hexymer bisa menimbulkan efek seperti penggunaan narkotika. Biasanya Hexymer dibuat untuk antiparkinson dan ada juga buat efek antidepresi termasuk untuk menghilangkan nyeri otot.

Bila dikonsumsi dalam jangka panjang oleh remaja maka dapat mengakibatkan pikun lebih awal dan jika dikonsumsi terus-menerus maka akan mengakibatkan gangguan reflek, di mana reflek jadi menurun.

Trihexyphenidyl

Trihexyphenidyl lebih dikenal dengan nama Tri X atau Trihex atau sering disingkat lagi dengan nama THP, obat ini untuk mengatasi gejala parkinson dan juga digunakan untuk mengurangi efek samping obat antipsikotik pada pasien gangguan jiwa / skizofrenia, sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter.

Obat ini memiliki efek meningkatkan mood (euforia) dan menimbulkan efek halusinogenik atau halusinasi, jika diminum dengan dosis yang tinggi bisa menimbulkan kejang-kejang dan pandangan buram.


Sumber : Referensi
Editor : Afrijon

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar