Beranda Pertanian Pasca Lebaran Harga TBS di Siak Anjlok, Petani “Ketar-ketir”

Pasca Lebaran Harga TBS di Siak Anjlok, Petani “Ketar-ketir”

241
0
BERBAGI
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Sepekan pasca lebaran Idul Fitri 1439 H / 2018 M, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di wilayah Kabupaten Siak mengalami penurunan (anjlok, red). Tak tanggung-tanggung, menurut penuturan masyarakat (petani, red), harga TBS saat ini hanya berkisar sekitar Rp1.000/kilogram.

“Tadi saya nimbang/jual buah sawit harganya Rp1.150/kilogram, padahal sebelum lebaran Idul Fitri harganya Rp1.400/kilogram,” ujar Anto, salah seorang petani warga Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun Siak, Ahad (24/06/2018) sore, kepada Infosiak.com.

Selain petani Dayun Siak, petani sawit yang tinggal di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak, juga mengaku sedih dan ketar-ketir atas merosotnya harga TBS sawit tersebut. Bahkan menurut penuturan petani Kampung Benteng Hulu itu, harga TBS di kampungnya jauh lebih rendah (murah, red) jika dibandingkan dengan harga TBS di wilayah Kecamatan Dayun Siak.

“Masih mending di wilayah Dayun harganya sekitar Rp1.150/kilogram, sedangkan di tempat kami (Kecamatan Mempura, red) harganya tinggal Rp1.000/kilogram. Tentunya harga TBS yang merosot ini akan berpengaruh pada kondisi perekonomian petani,” ujar warga Benteng Hulu itu.

mtq ali

Dikatakannya juga, merosotnya harga TBS pasca lebaran Idul Fitri memang sudah tidak asing lagi bagi para petani. Namun, meski demikian mereka sangat berharap, pemerintah bisa segera mencarikan solusi agar harga TBS bisa kembali normal seperti sediakala (seperti saat sebelum lebaran, red). Mengingat saat ini harga kebutuhan pokok semuanya serba naik.

“Memang sudah hal biasa, kalau habis lebaran harga TBS turun, tapi kami juga berharap turunnya harga TBS ini tidak berlarut-larut, karena kita semua tau, saat ini harga kebutuhan pokok semuanya serba naik,” imbuh dia.

Sementara itu, salah seorang toke sawit di wilayah Kecamatan Dayun Siak, mengaku tidak tau persis penyebab turunnya harga TBS tersebut.

“Iya mas, untuk saat ini harga TBS sawit di pabrik memang sedang turun, tapi kami juga tidak tau penyebab turunnya harga TBS ini. Yang jelas kalau harga di pabrik turun, tentu harga di masyarakat juga ikut turun,” paparnya.

Laporan : Miswanto/Tok
Editor : Afrijon

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar