Beranda Pertanian Distan Siak Salurkan Pupuk Senilai Rp108 Juta untuk BBU Sabak Auh

Distan Siak Salurkan Pupuk Senilai Rp108 Juta untuk BBU Sabak Auh

142
0
BERBAGI
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Melalui kegiatan Pengadaan Langsung (PL), pada pertengahan tahun 2018 ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pertanian (Distan) merealisasikan kegiatan pengadaan pupuk untuk BBU Sepuruk yang ada di Kecamatan Sabak Auh.

Saat dikonfirmasi Infosiak.com, Kepala Distan Siak Budiman Safari menjelaskan, bahwasanya pupuk yang disalurkan di BBU Sepuruk itu, bagi Kelompok Tani (Poktan) atau Gapoktan harus melalui mekanisme pengajuan RDKK dari Poktan/Gapoktan ke Pusat melalui provinsi.

Baca Juga:  Dipasarkan Keluar Daerah, Petani Jambu Kristal Binaan CSR IKPP Raup Puluhan Juta Rupiah
DPRD

“Kalau pupuk untuk petani Poktan melalui mekanisme pengajuan RDKK dari Poktan/Gapoktan ke pusat melalui provinsi. Tapi bila petani kekurangan pupuk, boleh minta ke BBU, sebatas tidak mengganggu produksi BBU,” jawab Budiman Safari, Sabtu (09/06/2018) siang, saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Baca Juga:  KPH Tahura Minas Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut

Dikatakannya juga, BBU Sepuruk juga boleh membantu masyarakat petani sekitar. Seperti di Kampung Sungai Tengah, disana petani kekurangan pupuk NPK Phonzka.

“Dan sebagian pupuk NPK dibagikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Jaya Kampung Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh, karena mereka (petani, red) kekurangan pupuk NPK saat mulai penanaman kemarin,” lanjut Budiman Safari.

Berdasarkan informasi yang diterima Infosiak.com, untuk merealisasikan pekerjaan pengadaan pupuk di BBU Sepuruk tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Siak telah mengucurkan anggaran sebesar Rp108.850,000, dalam waktu pelaksanaan selama 60 hari kalender.

Adapun jenis pupuk yang disalurkan tersebut adalah:
1. Pupuk Nitrogen (Urea Pusri) 3.000 Kg.
2. Pupuk Phospor (SP36 Phonska) 2.000 Kg.
3. Pupuk Kalium (KCL Mahkota) 2.000 Kg.
4. Pupuk Dolomite (M 100) 5.000 Kg.
5. Pupuk Organik Granul (Tameng) 20.000 Kg.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar