Beranda Pariwisata Masuk Nominasi API, Mari Dukung Istana Siak Menjadi Situs Sejarah Terpopuler Nasional

Masuk Nominasi API, Mari Dukung Istana Siak Menjadi Situs Sejarah Terpopuler Nasional

127
0
BERBAGI
Istana Siak Situs Sejarah Terpopuler anugerah pesona indonesia
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Istana Asserayah Hasyimiah atau yang dikenal dengan sebutan Istana Siak masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) yang ditaja oleh Kementrian Pariwisata. Namun, sebagai penentu hingga destinasi wisata cagar budaya ini bisa menjadi terpopuler secara nasional, semuanya ada pada semua pihak. Jadi, mari dukung Istana dengan julukan Istana Matahari Timur ini dengan cara; ketik API (spasi) 3C, kirim SMS ke 99386.

Istana Siak merupakan bangunan peninggalan kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau, yaitu kerajaan Siak Sri Indrapura. Museum yang berupa kompleks istana kerajaan Siak ini dibangun oleh Sultan ke-11 Siak, Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada 1889 dan dinamakan Istana Asserayyah Hasyimiyah yang juga dikenal sebagai Istana Matahari Timur. Arsiteknya adalah seorang Jerman dengan mengadopsi gaya arsitektur Eropa, India, dan Arab yang dipadu dengan arsitektur Melayu tradisional.

Menyusul Istana Siak masuk tiga besar dari 10 nominasi anugerah pesona Indonesia, Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi, meminta seluruh masyarakat memberikan dukungan. Sebab, untuk Riau dan Kepulauan Riau, hanya Istana Siak yang masuk nominasi.

Baca Juga:  Dalam Tiga Hari Pengunjung Istana Siak Capai Puluhan Ribu Wisatawan

Syamsuar sependapat, bahwa upaya untuk mendukung Istana Siak meraih anugerah pesona Indonesia, adalah bagian dari membuka pintu gerbang pembangunan ekonomi daerah bahkan bangsa ini. Sehingga Siak dan pada umumnya Indonesia menjadi kiblat pariwisata dunia.

ali

Terkait hal itu, Syamsuar tak segan-segan membuat status di Media Sosial (Medsos) facebook, memohon agar para sahabat dan saudara semua memberi bantuannya untuk ikut memilih cagar budaya populer nasional. ”Di Riau hanya Istana Siak yang masuk nominasi. Jadi, mohon dukungannya dengan cara mengirim SMS; ketik: API (spasi) 3C, kirim ke 99386. Terimakasih bantuannya, semoga menjadi amal jariah, dan Istana Siak kian ternama. Aminn YRA,” tulis Syamsuar.

Sesunguhnya, anugerah pesona Indonesia yang ditaja Kementrian Pariwisata merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Di samping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Baca Juga:  Kunjungi Kota Siak, Pengunjung Kagum Kemajuan dan Keindahan Kota Istana

API yang diselengara ini juga terkait bahwa Indonesia adalah negeri tanah keajaiban, karena sebagian keajaiban dunia ada di Indonesia dan negeri ini adalah negeri kaya yang Indah. Lebih dari 25.000 destinasi wisata dan spot pariwisata, dari 548 daerah di Indonesia, merupakan target Indonesia menjadi kiblat pariwisata dunia.

Adapun 10 destinasi wisata yang masuk dalam nominasi API tersebut adalah,  Sangkulirang Rock Arts (Kabupatan Kutai Timur), Istana Maimun (Kota Medan), Istana Siak Sri Indrapura (Kabupaten Siak), Situs Muarajambi (Kabupaten Muaro Jambi), Museum Joang 45 (Jakarta), Petilasan Kraton Pajang (Kota Solo), Pulau SumSum (Kabupaten Pulau Morotai), Rumah Betang Tumbang Gagu (Kabupaten Kotawaringin Timur), Situs Gunung Padang (Kabupaten Cianjur), Tapurarang (Kabupaten Fak Fak).(Jon)

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar