Beranda Lingkungan Wujudkan Suasana Kota Bersih, Dinas PU Tarukim Siak Gelar Aksi TBBS

Wujudkan Suasana Kota Bersih, Dinas PU Tarukim Siak Gelar Aksi TBBS

164
0
BERBAGI
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Demi mewujudkan suasana Kota Siak yang bersih dan nyaman. Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak menggelar aksi taman dan makam bersih dalam rangka Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS), yang diprakarsai oleh Bidang Pertamanan dan Pemakaman, Jum’at (09/03/2018) pagi.

Aksi bersih-bersih yang digelar oleh Dinas PU Tarukim Siak itu, selain melibatkan seluruh petugas (tenaga kebersihan, red), juga melibatkan sejumlah pejabat teras yang ada di lingkungan Dinas PU Tarukim, termasuk Kepala Dinas beserta para staf (Kepala Bidang dan Kepala Seksi Kasi).

Saat dikonfirmasi Infosiak.com, Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin menuturkan, aksi tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Siak.

Baca Juga:  BMKG Prediksi Malam Ini Hujan Deras Disertai Petir di Riau, Termasuk Siak

“Aksi yang kita gelar ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan HPSN yang dicanang oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Nasional Pengelolaan Sampah,” terang Irving.

ali

Adapun untuk pelaksanaannya, kegiatan TBBS itu akan dilakukan selama lebih-kurang Tiga bulan. Dengan target/sasaran pembersihan adalah fasilitas kantor, kawasan pemakaman, serta taman-taman yang ada di sekitar Kota Siak Sri Indrapura.

“TBBS ini berupa kegiatan bersih-bersih sampah yang dilaksanakan selama Tiga bulan, yang dijadwalkan sejak tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018, dimulai dari lingkungan rumah tangga, perkantoran, pemakaman umum, dan taman, termasuk pada acara car free day,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lebaran Ketiga di Perawang, Terlihat Sampah Menumpuk Hampir Menutupi Badan Jalan

Dikatakannya juga, saat ini target Pemerintah Pusat adalah “Zero Waste” atau pengelolaan sampai mencapai Nol Persen. Yang maksudnya tidak ada lagi sampah berserakan di sekitar kota. Pada tahun 2018 ini kondisi angka sampah di Indonesia baru mencapai 30 Persen. Dan diharapkan tahun 2025 mendatang bisa mencapai 100 Persen.

“Oleh sebab itu, Dinas PU Tarukim selaku dinas yang bertanggungjawab terhadap kebersihan taman dan pemakaman di Kabupaten Siak melakukan aksi bersih taman dan makam,” tutupnya.


Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Afrijon

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar