Beranda Lingkungan DLH Siak Pekerjakan Pahlawan Kebersihan Lebih Dari 400 Orang

DLH Siak Pekerjakan Pahlawan Kebersihan Lebih Dari 400 Orang

123
0
BERBAGI
alterntif text
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Pasca adanya perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak pada awal 2017 lalu. Sebagian besar Pahlawan Kebersihan yang dulu bernaung di bawah Dinas Pasar Kebersihan Pertamanan (DPKP) dan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP), kini menjadi tanggungjawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Dengan demikian, saat ini Pahlawan Kebersihan di Kabupaten Siak dikabarkan terbagi menjadi Tiga bagian, ada yang di bawah naungan Dinas PU Tarukim, ada yang di bawah naungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), dan yang terbanyak di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yakni berjumlah lebih dari 400 orang.

Sebagaimana dijelaskan oleh Sekretaris DLH Siak Setyo Hendro Wardhana, dirinya menyebutkan bahwasanya saat ini DLH Siak menangani lebih-kurang 450 Pahlawan Kebersihan yang dipekerjakan di seluruh kota kecamatan, termasuk di wilayah sekitar Kota Siak Sri Indrapura.

“Saat ini jumlah tenaga kebersihan yang ada di DLH Siak kurang-lebih 450 orang, termasuk yang ada di seluruh kecamatan,” terang Setya Hendro, Sabtu (23/12/2017), kepada Infosiak.com.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dulunya merupakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu, saat ini menangani Tiga bidang, yakni bidang kebersihan, bidang penataan izin lingkungan (Amdal, UKL/UPL dan IPLC), serta bidang pengawasan/pengendalian lingkungan.

Sekretaris DLH Siak itu juga menyebutkan, untuk membedakan antara petugas kebersihan DLH dengan petugas kebersihan Dinas PU Tarukim bisa dilihat dari warna bajunya.

“Petugas kebersihan yang menjadi tanggungjawab DLH Siak adalah mereka yang mengenakan pakaian warna kuning, sedangkan petugas kebersihan yang menjadi tanggungjawab Dinas PU adalah mereka yang mengenakan pakaian warna hijau/biru. Adapun petugas kebersihan DLH Siak itu juga di tempatkan di setiap kota/kecamatan,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, pada tahun 2017 ini DLH Siak melalui Bidang Kebersihan dikabarkan telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp173 juta untuk merealisasikan kegiatan pengadaan pakaian kerja untuk para petugas kebersihan. Serta Rp99.370.000, untuk kegiatan pengadaan tong sampah kebersihan di lingkungan Kabupaten Siak.

Selain itu, guna memberikan motivasi dan kenyamanan bagi para petugas kebersihan di lapangan, DLH Siak juga dikabarkan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp99.931.000, untuk pengadaan kelengkapan keamanan petugas kebersihan.

Namun hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah tong sampah kebersihan yang telah disediakan oleh DLH Siak dengan biaya hampir Rp100 juta tersebut. (Tok)

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar