Beranda IKLAN Galery Siak Kembali Raih Piala Adipura Ketiga Kali

Siak Kembali Raih Piala Adipura Ketiga Kali

213
0
BERBAGI
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Kabupaten Siak kembali membawa pulang penghargaan piala Adipura, penghargaan diperoleh kota Istana ini termasuk dalam kategori Kota Kecil Terbersih.

Penghargaan itu atas konsistensinya mempertahankan citra kota Siak dan Mempura sebagai kawasan terbersih, bahkan penghargaan paling bergengsi dibidang lingkungan tersebut telah didapat Siak tiga kali pada tahun 2014, 2016 dan 2017. Piagam penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Siti Nurbaya, di Komplek Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada helat yang bertepatan dengan Hari lingkungan Hidup (HLH) 2017. Tahun sebelumnya, kegiatan yang sama juga ditaja KLH namun berpusat di Siak.

DPRD

“Alhamdulilah saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Siak dan Mempura yang telah konsisten dalam menjaga kebersihan kota Siak tidak membuang sampah sembarangan adalah kunci mengapa Siak terus bersih dan kembali mendapatkan Adipura,” ujar Syamsuar, Rabu (3/8/2017) malam.

Adipura kata Syamsuar, menjadi bukti bahwa tingkat kesadaran masyarakat Siak akan kebersihan sangat tinggi. Perilaku tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar sampah menjadi faktor utama mengapa untuk ketiga kalinya KLHK memberikan penilaian Siak layak membawa pulang kembali piala itu.

“Faktor utama mengapa piala ini akhirnya dibawa pulang kembali adalah karena kesadaran masyarakatnya. Jadi tidak semata-mata karena karena pemerintahnya saja. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi kesadaran ini,” sambungnya.

Meski Kota Siak dan Mempura yang dinilai dalam penganugrahan tersebut, tapi piala itu kata Syamsuar adalah milik semua masyarakat Siak. Adipura harus menjadi cermin bagi daerah lainnya di Siak agar terus menjaga kebersihan. Karena menjaga kebersihan tidak hanya menjadi anjuran pemerintah saja melainkan juga agama. Kebersihan adalah bagian yang tak terpisahkan dari Iman seseorang.

“Menjaga kebersihan itu nilainya bukan semata mata Adipura saja, ini juga bernilai ibadah. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” kata Bupati Siak dua periode tersebut.

Piagam penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Siti Nurbaya, di Komplek Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta

Syukuran Piala Adipura berlangsung sederhana

Syukuran penganugerahan piala Adipura tahun 2017 bersama petugas kebersihan
Syukuran penganugerahan piala Adipura tahun 2017 bersama petugas kebersihan

Sukacita menyambut Adipura tak hanya dirasakan oleh Bupati. Euforia Adipura juga dirasakan para petugas kebersihan kabupaten Siak, pada Jum’at (11/8/2017) siang, pengawal sejati Adipura yang menjadi ujung tombak yang selama tiga tahun terakhir berjibaku di lapangan membersihkan jalan-jalan dari sampah buangan pejalan kaki atau pengguna jalan lainnya.

Salmah (65) salah seorang satgas kebersihan, telah melakoni pekerjaannya selama 12 tahun lebih, penuh syukur karena menerima bingkisan dari Bupati. Bersama teman-temannya, ia memulai membersihkan jalan-jalan dan taman kota pada pukul 06.00-10.00 pagi. Dirinyapun berharap Adipura kembali diraih Siak tahun depan.

Rasa senang syukuran Adipura turut dirasakan para petugas kebersihan lainnya. Tak pernah terbayang sebelumnya oleh mereka, makan bersama dengan dua tokoh tertinggi di negeri istana dibawah teduhnya pohon ketapang biola.

Bupati Siak Syamsuar dalam sambutan rasa syukurnya menyampaikan, Adipura yang diraih Siak selama tiga tahun ini merupakan buah kerja keras seluruh masyarakat. Iapun menargetkan Siak dapat meraih Adipura Kencana (Paripurna) pada 2018 mendatang.

Syamsuar tidak lupa meluapkan rasa bahagianya dengan mengajak para petugas kebersihan makan bersama di taman Tengku Agung. Bapak tiga anak itu sengaja membuat suasana sederhana yang penuh kekeluargaan, adalah sebagai wujud kebahagian atas kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh masyarakat.

“Adipura bukan semata-mata menjadi tujuan kita, tapi melainkan motivasi dari pemerintah atas keberhasilan kita menjaga kebersihan, keindahan dan lingkungan kota Siak ini,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Siak ditemani Kadis Peternakan dan Perikanan serta Kadis PU Tarukim menabur benih ikan patin dan ikan nila di kolam teratai taman Tengku Agung.

Usai acara, para petugas kebersihan mengajak orang nomor satu di negeri istana itu untuk foto bersama (groufi). Syamsuar pun dengan keramahannya meladeni ajakan dari para ujung tombak kebersihan itu.(Jon)

 

Syukuran Puala Adipura di Taman Tengku Agung Siak

 

Sambutan Bupati Siak Syamsuar saat syukuran piala Adipura di Taman Tengku Agung
Sambutan Bupati Siak Syamsuar saat syukuran piala Adipura di Taman Tengku Agung

 

Bupati Siak H Syamsuar Msi dan Wakil Bupati Siak H Alfedri Msi menunjukkan piala Adipura kepada petugas kebersihan
Bupati Siak H Syamsuar Msi dan Wakil Bupati Siak H Alfedri Msi menunjukkan piala Adipura kepada petugas kebersihan

 

Bupati Syamsuar memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan
Bupati Syamsuar memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan

 

Tabur benih ikan
Bupati dan Wakil Bupati Siak menabur benih ikan patin dan nila di kolam teratai Taman Tengku Agung

 

Bupati dan Wakil Bupati Siak menabur benih ikan patin dan nila di kolam teratai Taman Tengku Agung
Bupati dan Wakil Bupati Siak menabur benih ikan patin dan nila di kolam teratai Taman Tengku Agung

 

 

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar