Beranda Hukrim Padamkan Api di Sungai Apit, Helikopter Water Bombing Milik PT Sinar Mas...

Padamkan Api di Sungai Apit, Helikopter Water Bombing Milik PT Sinar Mas Cuma Lewat di Bungaraya

781
0
BERBAGI
alterntif text

BUNGARAYA (Infosiak.com) – Pernyataan Plt Bupati Siak H Alfedri bahwa BPBD Riau akan memadamkan api yang menghanguskan lahan sawit warga di Kampung Tuah Indrapura Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau, yang dijadwalkan hari ini, Rabu (28/2/2018), ternyata tak terealisasi.

Buktinya, hingga sore hari, warga yang menunggu kedatangan helikopter tersebut tak kunjung datang. Meski ada heli yang lewat sekitar pukul 10.00 WIB, namun heli water bombing itu cuma lewat di langit Bungaraya. Heli milik PT Sinar Mas itu lebih mengutamakan pemadaman api di areal miliknya di Kecamatan Sungai Apit.

“Saya dapat informasi dari Pak Bupati, memang tak jadi pemadaman api dengan helikopter di Bungaraya. Karena ada lahan PT Sinar Mas yang terbakar juga di Sungai Apit. Tentu mereka lebih mengutamakan lahannya dulu, ” kata Camat Bungaraya Hendy Derhavin kepada wartawan, Rabu (28/2/2018).

Hendy mengatakan, ratusan hektare lahan sawit yang terbakar di Bungaraya merupakan lahan HGU milik PT TKWL (Teguh Karsa Wana Lestari) yang dikuasai masyarakat. Diperkirakan, sejak kathutla terjadi, ada sekitar seratus hektare lebih lahan yang hangus terbakar. Kondisi ini semakin parah akibat angin dan cuaca panas. Sementara, upaya yang dilakukan petugas dilapangan sudah maksimal.

ali
Satu unit Hali Water Boombing milik Sinar Mas melintas diareal kebakaran Bungaraya. Diduga hanya lewat untuk menuju areal krbakaran di titik lainnya di Wilayah areal HTI milik Sinar Mas sendiri di Pusako-Sungai Apit, Rabu (28 Februari 2018)

“Kalau upaya warga dengan petugas BPBD Siak, polisi,  MPA dan TNI serta Manggala Agni sudah maksimal. Setiap hari mereka bertukuslumus memadamkan api, tapi karena beratnya medan, sampai sekarang api tak kunjung padam, ” ujarnya.

Terkait berapa total lahan HGU milik PT TKWL yang terbakar, infosiak.com mengkonfirmasi Humas PT TKWL Adli Bonar Siregar. Namun, handphone miliknya dihubungi tidak dalam kondisi aktif. Ternyata, dia berada di Malaka sehingga jaringan terputus-putus.

Kapolres Siak AKBP Barliansyah melalui Kapolsek Bungaraya AKP Zulkifli Ahmad membenarkan adanya helikopter water bombing yang lewat di langit Bungaraya.

“Tapi cuma numpang lewat saja, memang iya ada heli yang lewat. Kalau saya perkirakan karlahut di Bungaraya ini sudah terjadi selama dua minggu terakhir, ada seratus lebih lahan yang terbakar. Setiap hari, kita kerahkan 15 personil dari Polsek Bungaraya ditambah dari Polres Siak 25 personil. Sampai sekarang anggota terus stand by di lokasi, ” jelas Kapolsek.
(Koko)

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar