Beranda Headline Opini Polres Siak Gagas Deklarasi Masyarakat Anti Hoax

Polres Siak Gagas Deklarasi Masyarakat Anti Hoax

105
0
BERBAGI
alterntif text

SIAK (Infosiak) – Jajaran Polres Siak mengumpulkan sejumlah komponen masyarakat Kabupaten Siak untuk menjaga stabilitas dan keamanan di wulayah Kabupaten Siak. Salah satunya membuat deklarasi menolak berita Hoax (berita bohong/fitnah) dan Hate Speech (ujaran kebencian).

Ditempat yang sama juga dilakukan pelantikan pengurus Da’i Kamtibmas dengan Ketua Muhyaruddin Matondang, fi Gedung Tengku Mahratu Siak, Senin (19/3/18).

Hadir dalam acara itu Kapolres Siak AKBP Barliansyah, sebagai penggagas acara, Plt Bupati Siak H Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Ketua LAMR Siak Nazir Khatan, Ketua MUI Siak KH. Sofwan Saleh, Kakan Kemenag Siak H Muharram, Wakapolres Kompol Abdul Hariri, Ketua PWI Siak Ali Masruri, Ketua Ansor Agus Mudhofar, seluruh Kapolsek, ormas, OKP, perwakilan tokoh agama, kristen dan Katolik, warga Tianghua dan tamu lainnya terkhusus insan Pers Kabupaten Siak baik dari PWI maupun IWO.

Baca Juga:  Maraknya Korupsi di Dunia Pendidikan

“Deklarasi ini merupakan tekad bersama seluruh elemen dan komponen masyarakat Kabupaten Siak untuk menolak seluruh berita hoax dan hate speech, menolak isu SARA, yang akan memecah belah NKRI, santun dalam menggunakan internet dan media sosial, mendukung uoaya Polri dalam prnrgakan hukum terhadap prlaku hoax,” terang Kapolres Siak Barliansyah.

mtq ali

Sedangkan terkait para da’i Kamtibmas yang dibentuk diharapkan selain petan dakwah yang dilakukan para da’i juga mampu membantu kepolisian dalam menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman, tertib dan masyarakat yang sadar hukum.

Plt Bupati Siak H Alfedri mengapresiasi atas inisiasi pihak Polres Siak membentuk da’i Kamtibmas dan mengumpulkan semua pihak untuk membenahi tata cara penggunaan media sosial dalan menyikapi pelaku berita hoax.

Ketua PWI Siak Ali Masruri yang diminta memandu pembacaan Deklarasi Anti Hoax di acara Polres menyebut bahwa dipercayanya PWI Siak sebagai pembaca Deklarasi mewujudkan penghargaan Polres kepada Pers.

Baca Juga:  Maraknya Korupsi di Dunia Pendidikan

Dan memang Wartawan merupakan elemen sebagai garda depan dalam upaya mencegah hoax. Karena kerja jurnalistik diatur UU nomor 40/1999 dan berpedoman pada kode etik wartawan.

“Wartawan Siak memiliki komitmen besar dalam mencegah berita Hoax dan memerangi pelaku, pembuat dan penyebar Hoax. Hal ini penting karena hoax dan ujaran kebencian bukan tindakan jurnalistik dan tindakan keji dalam peradaban manusia,” tegas Ali.

Disebutkannya, sebelum pihak Polres membuat deklarasi, PWI Siak sudah pernah menggelar Seminar dan sejumlah acara terkait.

“PWI sangat berkomitmen memerangi hoax dan terus melakukan pembinaan kepada anggota untuk bekerja lebih profesional,” pungkas Ali.

Editor : Afrijon

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar