Beranda Headline Opini Internet dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran

Internet dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran

124
0
BERBAGI
alterntif text
alterntif text

DI ZAMAN IT seperti saat ini keberadaan internet sangatlah di butuhkan dalam aktifitas apapun baik di lingkungan kerja maupun dilingkungan pendidikan. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, pihak sekolah perlu memasukkan kurikulum tentang teknologi informasi agar siswa mampu memahami teknologi dan aplikasinya dengan baik. Dengan perkembangannya yang sangat pesat teknologi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg dengan berkembangnya penggunaan teknologi ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: Dari pelatihan ke penampilan, Dari ruang kelas ke mana saja dan kapan saja, Dari kertas ke online atau saluran, Fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, Dari waktu siklus ke waktu Nyata. Dari penjelasan Rosenberg di atas dapat kita ketahui bahwa teknologi internet memang sudah sangat mempermudah sistem pembelajaran bagi siswa didik sehingga mereka akan lebih cepat mengetahui ilmu pengetahuan dengan sendirinya tanpa perlu banyak guru menjelaskan lagi di ruang kelas.

Media teknologi internet sangatlah dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dikelas. Semisal melalui e-mail, google, facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Menurut penulis sebaiknya para guru harus cerdas dalam mengontrol siswa dalam belajar melalui internet, karena internet bukan hanya mengeluarkan berita-berita yang positif namun ada juga berita yang berdampak negatif untuk anak-anak remaja.

Teknologi internet hadir sebagai media yang sangat multifungsi, komunikasi dan pembelajaran dapat dilakukan secara interpersonal misalnya melalui e-mail dan chatting. Internet juga hadir secara real time audio visual seperti pada konvensional dengan adanya aplikasi teleconverence. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu Sebagai media interpersonal dan massa, Bersifat interaktif, Memungkinkan komunikasi secra sinkron maupun asinkron.

Baca Juga:  Blusukan ke Pasar Ramadhan Ujung Batu, Andi Rachman: Stabilitas Harga Perlu Dijaga Selama Puasa

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Sebenarnya beberapa pusat pendidikan termasuk sekolah lanjutan tingkat atas sampai perguruan tinggi saat ini sangat begitu serius memaksimalkan penggunaan internet di sekolah dan kampus mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dari beberapa kampus dan sekolah menengah atas sudah ada yang membuat website sendiri untuk memberikan kemudahan bagi khalayak umum untuk mengakses informasi tentang sekolah ataupun universitas mereka.

Dengan sudah berkembangnya IT yang semakin luas maka sangat mempermudah peserta didik untuk mengakses pembelajaran yang mereka butuhkan dan dapat pula sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, dan data statistik. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki berbagai kelebihan seperti memungkinkan terjadinya distribusi pendidikan kesemua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas kerena tidak memerlukan ruang kelas, proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka, pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing, adanya ke akuratan dan pembelajaran.
Penggunaan internet sebagai media pembelajaran juga tidak terlepas dari penggunaan komputer sebagai media komplementer dalam aplikasi program internet. Dimana kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.
Bukan hanya dalam metode belajarnya saja tetapi dalam pelaksanaan ujian, sistem internet dan kumputerisasi sudah banyak di pergunakan dibebarapa sekolah agar mempermudah para siswa dalam melihat hasil ujian secara lansung sekaligus dapat mempertahankan kejujuran para siswa dalam mengerjakan soal ujian. Contohnya seperti di provinsi Sumatra Barat, mereka akan melaksanakan Ujian Nasional dengan sistem berbasis komputer (UNBK) untuk sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP). Seperti yang dikemukakan oleh dinas pendidikan setempat bapak Desmon pada januari 2017 silam yaitu: “semua sekolah di rencanakan melaksanakan UNBK”.
Dari data diatas penulis sangat mendukung sistem internet disetiap sekolah ketika ujian. Karena selain dapat menjaga integritas diri para peserta, juga akan lebih membuat mereka jujur dalam pelaksanaan ujian, Karena soal ujian yang berbeda dari tiap-tiap siswa. Dari data tersebut juga dapat kita ketatahui bahwa metode pembelajaran bahkan ujian pun sudah menggunakan internet dan sistem komputerisasi, agar lebih mempermudah para siswa dan para pelajar lainnya dalam mengakses pelajaran yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Blusukan ke Pasar Ramadhan Ujung Batu, Andi Rachman: Stabilitas Harga Perlu Dijaga Selama Puasa

Selain memiliki banyak manfaat pengguna internet perlu mendapatkan pengawasan dari guru ketika proses belajar mengajar berlansung, Selanjutnya seperti yang ditegaskan oleh purnawati dan eldarni sebagai Departemen pendidikan dan kebudayaan Indonesia yaitu: “Internet adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat meranngsang fikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses pembelajaran.

Penulis        : Helwinda
Jurusan       : Sekretaris administrasi
Mahasiswa : IEC (Istana Education Collage) Siak
Alamat         : Jl. Penghulu Jabung Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten, Siak.

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar