Beranda Headline Budaya-Info Islami Serba-serbi Pawai Budaya HUT Kabupaten Siak XVIII, H Said Muzani: Keragaman Membuat...

Serba-serbi Pawai Budaya HUT Kabupaten Siak XVIII, H Said Muzani: Keragaman Membuat Kita Kuat dan Utuh

15
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak XVIII (ke-18) tahun 2017, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak menggelar acara “Pawai Budaya” yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak, Selasa (10/10/2017) siang, kemarin.

Kegiatan Pawai Budaya yang diikuti ribuan peserta dari berbagai kampung dan kecamatan se-Kabupaten Siak itu berjalan cukup unik dan meriah. Yang mana para peserta tampak begitu antusias dan penuh semangat saat menampilkan kreasi-kreasi yang dimiliki, seperti memamerkan kesenian khas daerah (dari kecamatan setempat, red), serta kesenian tradisional dan pakaian adat daerah yang saat ini dimiliki oleh Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga:  Jalan Rusak, Warga Goro Timbun Jalan

Terkait kegiatan Pawai Budaya tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Siak H Said Muzani, yang juga merupakan salahsatu Tokoh Masyarakat dan Budayawan Kabupaten Siak menuturkan, bahwasanya dengan adanya kegiatan Pawai Budaya itu, kita semua bisa lebih mengerti tentang ragam kebudayaan yang selama ini dimiliki oleh Kabupaten Siak.

“Warna-warni pawai budaya HUT Kabupaten Siak XVIII semalam itu, salah satunya menunjukkan bahwa negeri kita ini memiliki ragam budaya. Keragaman membuat kita kuat dan utuh. Untuk Negeri Siak sendiri sejak masa kerajaan negeri ini sudah membuka diri buat semua etnis yang masuk, Sultan Siak adalah Sultan berjiwa terbuka kepada etnis mana saja sepanjang mau mengabdi di kerajaan Siak ini,” papar H Said Muzani, Rabu (11/10/2017), kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Sempena HUT Kabupeten Siak XVIII, DPRD Siak Gelar Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Ghimbam
alterntif text

Lebih lanjut, mantan guru yang pernah mengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Taufiqiyah Siak era tahun 1997 itu menegaskan, khusus Pawai Budaya yang digelar pada sempena Hari Jadi Kabupaten Siak ke-18 kemarin, pihak panitia sengaja mengundang seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Siak.

“Khusus Pawai Budaya yang ditaja pada sempena hari jadi Kabupaten Siak semalam, panitia mengundang seluruh kecamatan untuk menampilkan adat dan budaya tempatan dengan mengedepankan budaya asli Siak yang pernah dan masih berlangsung di wilayah itu. Tentu multi etnis yang turun temurun setidaknya tergambar pada pawai tersebut, sehingga nenimbulkan warna-warni adat budaya di Negeri Siak,” sambungnya.

Baca Juga:  KUA Sungai Apit Buka STQ ke-XI Kampung Teluk Mesjid

Adapun untuk para tamu yang datang dari mancanegara (luar negeri, red) dan luar kabupaten, pihak panitia juga meminta agar mereka turut berpartisipasi menampilkan rona ragam budaya dan adat yang mereka miliki.

“Untuk tamu dari luar kabupaten dan luar negeri kita minta juga partisipasi mereka menampilkan rona ragam budaya dan adat mereka, pada kesimpulannya bahwa ragam adat budaya di negeri ini merupakan budaya serumpun yang terikat dengan ketimuran yang arif dan santun,” tutupnya. (Tok)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here