Beranda Headline Budaya-Info Islami Ratusan Warga Tualang Ikuti Halal bi Halal Bersama Ustad Abdul Somad di...

Ratusan Warga Tualang Ikuti Halal bi Halal Bersama Ustad Abdul Somad di Masjid Jami’ Darussalam

82
0
BERBAGI
alterntif text

TUALANG (Infosiak.com) – Ratusan masyarakat Kecamatan Tualang sekitarnya antusias mengikuti Tabligh Akbar dan Halal bi Halal yang di taja Pemerintahan Kampung Tualang dengan mendatangkan Ustad Abdul Somad, Lc.MA yang merupakan Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

Kehadiran Ustadz Abdul Somad berhasil menarik perhatian ratusan jamaah yang hadir di Masjid Jami’ Darussalam Jalan Setia Raja Kampung Tualang. Sehingga penuh sesak mengisi ruang masjid dan sebagian jamaah mengisi ruang lantai dua, pada Sabtu (1/7/2017) malam.

Selain itu juga hadir Penghulu Tualang Juprianto M.IP, Kepala KUA Tualang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, remaja hingga anak-anak antusias mengikuti tausiah ustad tamatan S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko itu.

Dalam tausiahnya, Ustad Abdul Somad menjelaskan bahwa di dalam bahasa arab, halal mempunyai tiga makna yakni mengurai yang kusut, menyambung yang putus dan mengeratkan yang jauh. “Setelah acara halal bihalal dibuat maka yang selama ini kusut menjadi terurai, yang selama ini putus menjadi tersambung dan yang selama ini jauh menjadi dekat,” jelas Ustad Somad.

Baca Juga:  Plt Bupati Siak Alfedri Salurkan Zakat Tahap I di Minas Jaya

Dengan demikian, ketiga makna yang dikandung dalam kata halal bihalal bisa digunakan untuk menjelaskan pesan yang dikandung oleh tradisi tersebut. Halal bi Halal merupakan kegiatan yang paling efektif untuk merajut kembali hubungan yang kaku dengan cara saling memaafkan dan menyadari kekhilafan masing-masing.

Selain Halal bi Halal, Ustad Abdul Somad menyebutkan juga acara yang bisa dilakukan untuk silaturahmi yakni Reuni yang selama ini telah dikenal di tengah masyarakat. Namun silaturahmi menyambung ukwah islamiah mempunyai aturan yang ketat di dalam syariat islam yakni melarang seorang lelaki berjabat tangan dengan wanita yang bukan mahramya. “Ditusukkan kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya,” ucap Alumni Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Inhu ini.

Baca Juga:  Plt Bupati Siak Alfedri Salurkan Zakat Tahap I di Minas Jaya

Setelah memberikan Santapan Rohani kepada para jama’ah di Masjid Jami’ Darussalam, Ustadz Abdul Somad mempersilahkan kepada jamaah untuk bertanya melalui secarik kertas yang telah disediakan oleh panitia. Satu persatu puluhan pertanyaan dibacakan dan dijawab oleh Ustadz Abdul Somad. Acara yang dimulai pada pukul 19.40 Wib tersebut berakhir pada pukul 23.00 Wib dan diakhiri dengan doa dan bersalaman.

Sementara itu, Penghulu Tualang Juprianto M.IP, berharap dengan suasana halal bihalal yang penuh dengan nuansa religius, kekeluargaan dan keterbukaan akan membuat semua jamaah yang hadir semakin memupuk rasa kepedulian dan kebersamaan serta hubungan yang harmonis.(Jon)

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar