Beranda Headline Berita Pilihan DPMK Siak Sebut 19 Balon Penghulu Gak Lolos Seleksi, Ini Alasannya!

DPMK Siak Sebut 19 Balon Penghulu Gak Lolos Seleksi, Ini Alasannya!

11
0
BERBAGI

SIAK (Infosiak.com) – Pasca diumumkannya hasil ujian bagi para Bakal Calon (Balon) Penghulu yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2017 di Kabupaten Siak, sedikitnya terdapat sekitar 19 Balon yang dinyatakan tidak lolos seleksi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Siak.

Namun, secara rinci pihak DPMK Siak belum bisa menjelaskan siapa-siapa saja dari mereka (Balon, red) yang dinyatakan tidak lolos tersebut. Sebagaimana dikemukakan oleh Plt Kepala DPMK Siak Hasmizal, Selasa (8/8/2017) saat dikonfirmasi Infosiak.com.

Baca Juga:  Siswa SMPN 5 Dayun Wakili Provinsi Riau di Ajang O2SN Tingkat Nasional 2016

“Iya, ada 19 Balon Penghulu yang tidak lolos pada seleksi di tingkat Kabupaten, namun secara aturan, pengumuman dilakukan oleh Panitia kampung pada tanggal 12-13 Agustus mendatang, sedangkan dari pihak Kabupaten (DPMK, red) menyampaikan ke Kecamatan pada tanggal 5 s/d 11 Agustus 2017 ini,” terang Hasmizal.

Lebih lanjut Plt Kepala DPMK Siak itu menjelaskan, bahwasanya bagi para Balon yang beragama Islam diwajibkan untuk memenuhi salahsatu persyaratan yakni mengerti/bisa membaca Kitab Suci Alquran, dan apabila mereka (Balon, red) tersebut ternyata tidak bisa membaca Alquran, maka otomatis mereka dinyatakan tidak memenuhi persyaratan alias tidak lolos.

Baca Juga:  DPMK Siak Anggarkan Rp1,4 M untuk Gelar Pilkades Serentak 2017
alterntif text

“Hasil ujian tertulis, wawancara, pidato dan tes baca Alquran ditentukan oleh Panitia penyeleksi, dan jika ada dari mereka (Balon, red) yang beragama Islam tapi tidak bisa membaca Alquran, otomatis Balon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk jadi Calon Penghulu, sedangkan untuk hasil ujian nilai minimal adalah 6,00,” lanjutnya.

Baca Juga:  Pekan Depan, 113 Calon Penghulu di Siak Jalani Tes Tertulis dan Wawancara

Menyinggung soal Panitia Penyeleksi, Hasmizal dengan tegas menyebutkan bahwasanya Panitia Penyeleksi tidak hanya terdiri dari DPMK Siak saja, melainkan juga melibatkan para Panitia yang telah ditunjuk oleh pihak Desa/Kampung dan Kecamatan, termasuk penyeleksi pada kategori/tes membaca Alquran (ngaji, red), yang mana pihak Panitia juga bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Siak.

“Untuk penyeleksian kategori ujian/tes baca Alquran (ngaji, red) pihak Panitia juga bekerjasama dengan Kemenag Siak,” tutupnya. (Tok)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here