Beranda KESEHATAN Hari Terakhir Forikan Siak Kampanye Makan Ikan di Pusako dan Sungai Apit

Hari Terakhir Forikan Siak Kampanye Makan Ikan di Pusako dan Sungai Apit

23
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri membuka Penyuluhan tentang manfaat makan ikan bagi ibu hamil dan ibu menyusui di kecamatan yang menjadi lokasi khusus penanganan penurunan angka stunting tahun 2021, Kamis (28/10/2021).

Rasidah menuturkan, bahwa kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) adalah program nasional yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Baca Juga:  RS Safira dan Karang Taruna Khitan 100 Anak

Ia sampaikan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan disetiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Siak.

“Ibu hamil dan ibu menyusui memerlukan gizi yang bagus untuk perkembangan janin dan pertumbuhan janin, begitu juga dengan anak yang disusui,” kata Rasidah.

Makanya lanjut dia, ibu-ibu hamil dan menyusui agar memperhatikan asupan gizinya, sehingga kedepannya anak-anak Siak bisa tumbuh sehat dan cerdas serta terbebas dari stunting.

Baca Juga:  Sosialisasi Perda, Ini Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Siak

Rasidah berharap Ketua Forikan Kampung bisa meneruskan informasi yang di peroleh kepada masyarakat.

Salah seorang ibu hamil, Ika asal Kampung Pebadaran kecamatan Pusako menyambut baik adanya penyuluhan dari Forikan Siak tersebut.

Ia mengaku tidak begitu suka makan ikan, namun setelah diberi penjelasan tentang manfaat makan ikan bagi ibu hamil, Ika akan mulai mengkonsumsi ikan dirumahnya.

Baca Juga:  Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik Hingga Rp120 Ribu Per Bulan

“Ternyata ikan itu sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Kandungan dalam ikan tersebut tidak terdapat pada bahan makanan lainnya,” ucapnya.

Kegiatan itu kerjasama antara Forikan Siak dengan PT Bumi Siak Pusako. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yang sama di kecamatan Lubuk Dalam, Koto Gasib, Kandis, Tualang, Sabak Auh, Siak, Pusako dan Sungai Apit.

Sumber: Rilis Diskominfo

loading...