Beranda EKONOMI Harga TBS Sawit di Riau Turun

Harga TBS Sawit di Riau Turun

171
Print Friendly, PDF & Email

PEKANBARU (Infosiak.com) – Harga tandan buah segar (TBS) sawit periode 16-22 Desember 2020 di Provinsi Riau mengalami penurunan pada setiap kelompok umur. Dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp39,51/Kg dari harga pekan lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, dengan kenaikan harga tersebut, harga pembelian kelapa sawit petani untuk periode satu pekanĀ  ke depan turun menjadi Rp2.142,83/Kg. Penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Baca Juga:  Innalillahi, Ada Warga Rumbai Pekanbaru Dalam Pesawat Sriwijaya Air yang Naas
kpu'

“Faktor internal turunnya harga TBS periode ini disebabkan, oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan harga kernel mengalami kenaikan dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp. 99,31/kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 203,36/Kg, PT. Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp. 140,00/kg,” katanya.

Baca Juga:  Andy Rachman Siap Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Riau

Sementara dari faktor eksternal, turunnya harga minggu ini karena produksi CPO Malaysia pada November 2020 sebanyak 1,55 juta ton, anjlok 10% dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara stok diperkirakan berada di 1,54 juta ton (-2%) dan ekspor 1,4 juta ton (-16,4%). Data realisasi akan dirilis pada 10 Desember 2020.

Baca Juga:  Ingat!!! Mulai 31 Desember 2018, Pecahan Uang Kertas Ini tak Bisa Ditukar Lagi

“Stok di negara-negara tujuan ekspor sudah cukup banyak karena pembelian pada bulan-bulan sebelumnya. Ini yang membuat ekspor turun cukup dalam,” jelasnya.

Sumber : Rilis
Editor : Afrijon

kpu'
loading...