Beranda ADV Siak Goro Penelusuran Tapak Istana di Mempura, Sekda Arfan: Untuk Usulan Pahlawan Nasional

Goro Penelusuran Tapak Istana di Mempura, Sekda Arfan: Untuk Usulan Pahlawan Nasional

52
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak H Arfan Usman, melakukan kunjungan sekaligus peninjauan kegiatan Gotong Royong (Goro) dalam rangka penelusuran tapak istana pemerintahan Sultan II Kerajaan Siak di wilayah Kelurahan Sungai Mempura Kecamatan Mempura, Jum’at (17/09/2021) pagi.

Kegiatan Goro penelusuran tapak istana Sultan II Kerajaan Siak yang dipusatkan di sekitar Kelurahan Sungai Mempura itu, selain diikuti oleh sejumah tokoh masyarakat setempat, juga dihadiri oleh Lurah Sungai Mempura Ardianto, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Siak Fauzi Asni, serta sejumlah tokoh adat.

Baca Juga:  KPU Siak Tegaskan, Warga yang tak Punya E-KTP Tidak Bisa Nyoblos di Pilkada Siak

“Kegiatan Goro yang kita lakukan ini merupakan upaya dalam rangka menelusuri tapak/jejak istana Kerajaan Siak di wilayah Mempura, sekaligus upaya penguatan pengusulan Tengku Buwang Asmara sebagai pahlawan nasional.
Kegiatan ini kita berikan penghargaan, dimana ini merupakan wujud dukungan dari semua pihak dan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) demi mewujudkan Tengku Buang Asmara jadi pahlawan nasional,” terang Sekda Arfan, kepada Infosiak.com.

Baca Juga:  Bupati Alfedri Instruksikan BAZNas Siak Bantu Warga Terdampak Covid-19

Lebih lanjut Sekda Arfan mengatakan, wilayah Mempura merupakan tempat yang pernah menjadi pusat berdirinya kerajaan Siak, yakni di masa Pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muzafar Syah yang bergelar Tengku Buwang Asmara (1746 – 1765), dan Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin Syah yang bergelar Sultan Kudung Marhum Mempura.

Baca Juga:  Usai Serahkan SK Bengkalis,¬†Kembali Bung Romi Serahkan Mandat Bentuk DPC Siak¬†

“Di Mempura ini ada Dua makam Sultan Kerajaan Siak, yakni Makam Marhum Mempura (Tengku Buwang Asmara, red) dan Makam Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin Syah (putra Tengku Buwang Asmara). Lokasi makam kedua Sultan ini juga tidak berjauhan,” tutup Sekda Arfan.

Laporan: Atok
INFOTORIAL

loading...