Beranda DPRD Siak Fraksi Golkar DPRD Siak Minta Pemkab Siak Tindak Tegas Truk Odol

Fraksi Golkar DPRD Siak Minta Pemkab Siak Tindak Tegas Truk Odol

241
BAGIKAN
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Penyebab dominan kerusakan jalan di Kabupaten Siak diduga karena maraknya truk overdimensi dan overload (Odol) yang berseliweran di daerah tersebut.

Pasalnya, kekuatan kelas jalan yang dilewati tidak seimbang dengan beban truk yang melintasinya. Parahnya lagi, truk-truk Odol tersebut ternyata sebagian besar berpelat nomor luar Riau.

Jika Ranperda tentang Pengawasan Kelebihan Muatan Angkutan Barang disahkan menjadi perda, Fraksi Golkar DPRD Siak meminta agar pemerintah daerah menindak tegas truk yang melebihi muatan melintasi jalanan Siak.

Baca Juga:  Kejari Siak Tuntut Anggota DPRD Siak Satu Tahun Penjara, Ini Kasusnya
kpu'

”Kita meminta agar pemerintah kabupaten (pemkab) menindak tegas truk yang tidak sesuai dengan peraturan di bidang lalu lintas angkutan jalan (LLAJ),” tandas Juru Bicara Fraksi Golkar Miduk Gurning usai Rapat Paripurna DPRD Siak, Senin (25/11/2019).

Dikatakan Gurning, selain penindakan secara hukum, pemkab juga mesti melakukan upaya pencegahan terhadap truk Odol.

Baca Juga:  Wujudkan Kota Hijau, Lurah dan Dewan Siak Ini Tanam Pohon Penghijauan

”Misalnya dengan membuat rambu-rambu tentang batas tonase di jalanan se-kabupaten. Kalau sudah dibikin tapi masih dilanggar, maka tindaklah dengan tegas. Jangan kasih ampun lagi,” kata ayah tiga anak tersebut.

Mengenai truk Odol ini, dia mengklaim memegang data yang diterima dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI. Bahwa, pada tahun 2018 sebanyak 78 persen angkutan truk melebihi kapasitas diizinkan, melintas di jalanan.

Baca Juga:  Dewan Siak Hadiri Pengukuhan Gelar Adat Kampung Berbari Pusako

”Padahal dampaknya sudah jelas, kerusakan jalan tak terhindar akibat itu. Maka sekali lagi kita tekankan agar pemerintah daerah ambil sikap soal ini,” ujarnya.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...
tour_de'
BAGIKAN