Beranda Ekonomi Pemkam Tualang Gelar Halal bi Halal Bersama KPK dan Dinas Koperasi UMKM...

Pemkam Tualang Gelar Halal bi Halal Bersama KPK dan Dinas Koperasi UMKM Siak

146
0
BERBAGI
Komunitas Pedagang Keliling KPK perawang Kecamatan Tualang
alterntif text

TUALANG (Infosiak.com) – Pemerintah Kampung Tualang menggelar Halal bi Halal dan Silaturahmi dengan Komunitas Pedagang Keliling (KPK) Kecamatan Tualang, Selasa (25/7/2017) malam. Bertempat di Kantor Kampung Tualang, komunitas yang dibentuk pada bulan April 2017 dengan anggota sebanyak 65 pedagang ini mendapat arahan dari Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Siak.

Hadir dalam acara tersebut, Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Siak melalui Kabid UMKM Noni Faningsih, Camat Tualang Zalik Effendi Ssos, Kapolsek Tualang Kompol James Rajagukguk Sik, Penghulu Tualang Juprianto MIP dan Jajaran Pengurus KPK.

Penghulu Tualang Juprianto MIP yang merupakan Dewan Pembina KPK Kecamatan Tualang menyebutkan bahwa pedagang keliling adalah cerminan geliat ekonomi yang ada di Kecamatan Tualang yang selama ini bagai buih di lautan yang terpecah belah tidak berkumpul dan bersatu. Banyak persoalan dan keluhan-keluhan pedagang dalam menjalankan usaha. Didasari dengan rasa kebersamaan serta adanya rasa senasib dan sepenanggungan antar sesama pedagang keliling, maka terbentuklah komunitas tersebut dengan harapan bisa saling bahu-membahu dan saling menguatkan antar sesama.

“Oleh karena itu, kami disini sebagai pembina hanya sebatas memberikan pendampingan dalam pengelolaan menajemen organisasi, yang mana merupakan landasan kami bagaimana menciptakan kesejahteraan di tengah masyarakat,” kata Juprianto.

Dewan pembina kpk tualang juprianto
Dewan Pembina Komunitas Pedagang Keliling Kecamatan Tualang Juprianto MIP. (Empat dari kiri) bersama Kabid UMKM Siak Noni Faningsih, Camat Tualang Zalik Effendi Ssos dan Kapolsek Tualang Kompol James Raja Gukguk Sik.

Kepala Bidang UMKM Siak Noni Faningsih mengatakan semoga dengan adanya Komunitas Pedagang Keliling Kecamatan Tualang ini mampu membentuk silaturahmi dan komunikasi yang baik untuk perkembangan usaha anggota dan juga memudahkan pembinaan terhadap pedagang keliling sebagai pelaku usaha mikro. Ia menyebutkan pemerintah saat ini sedang fokus pada usaha mikro dan pedagang keliling termasuk didalamnya. “Kebetulan kita (pemda) sekarang sedang buat perbup izin usaha mikro kecil. Tujuannya nanti adalah untuk kepastian hukum, kenyamanan untuk melaksanakan usahanya. Kemudian dapat mengakses ke perbankan dengan bunga murah, 4 setengah persen satu tahunnya. Itu (perbup) sedang kami godok,” kata Noni.

ali

Bahkan izin usaha mikro kecil tersebut akan difasilitasi gratis oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui pemerintahan kecamatan. “Itulah tujuannya, karena pedagang kaki lima maupun pedagang keliling pasti susah yang namanya pinjaman ke perbankan dengan bunga murah, sebab usaha mikro ini menjadi fokus dari pemerintah,” tuturnya.

Salah satu anggota KPK Tualang menyampaikan pertanyaan.

Selanjutnya Noni menjelaskan, setelah pedagang terdaftar, pihak kecamatan akan mengeluarkan surat naskah izin usaha mikro kecil. Kemudian setelah mendapatkan naskah tersebut, pedagang segera ke bank yang telah ditunjuk untuk mendapatkan kartu berupa ATM. Dengan memiliki kartu tadi pedagang bisa melakukan akses pembiayaan.

Sementara itu Ketua Komunitas Pedagang Keliling (KPK) Kecamatan Tualang, Rosyidin mengucapkan rasa terimakasih dengan dukungan yang diberikan terhadap KPK. Ia menceritakan langkah demi langkah awal terbentuknya KPK. Saat ini setiap anggota telah memiliki kartu tanda pengenal yang beranggotakan sebanyak 65 pedagang dan akan ada penambahan anggota sebanyak 25 orang. Ia berharap mendapatkan bimbingan dari pihak terkait dalam menjalankan usaha.(Jon)

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar