Beranda Ekonomi Guru Honorer Bakal Terima THR dari Dinas Pendidikan

Guru Honorer Bakal Terima THR dari Dinas Pendidikan

897
0
BERBAGI
alterntif text

PEKANBARU (Infosiak.com) – Dinas Pendidikan (Disdik) Riau akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para guru honorer SMA/SMK dan SLB Provinsi Riau bersama Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Pemberian THR guru honorer ini perlu menjadi perhatian. Pasalnya pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan akan memberikan THR bagi guru PNS, sehingga tidak timbul kecemburuan sosial.

DPRD

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disdik Riau, Indra Agus Lukman, saat safari Ramadan dan buka puasa bersama guru SMA/SMK dan SLB Kabupaten Pelalawan, di SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Sabtu (26/5/2018).

Baca Juga:  KPH Tahura Minas Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut

“Memang sejauh ini THR guru-guru honorer belum ada kejelasan. Insya Allah THR guru honorer ini bagaimana cara harus didudukan agar tidak timbul kecemburuan sosial sesama tenaga pendidik,” katanya.

Untuk pemberian THR guru honor ini, pihaknya mengacu arahan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Dimana untuk THR non PNS yang ada di daerah merupakan kewenangan daerah.

Baca Juga:  KPH Tahura Minas Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut

“Makanya fokus kita agar guru honorer kita bisa mendapat THR, mungkin nanti anggarannya menjadi beban oleh kepala Satker sesuai kemampuan masing-masing. Karena kalau menunggu penganggaran lama dan tidak terkejar,” paparnya.

Karena itu, pihaknya akan melihat struktur Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) kesejahteraan yang fokusnya untuk meningkatkan gaji guru honorer yang sudah dianggarkan.

“Mungkin anggaran kesejahteraan gaji guru salah satunya disisikan untuk THR guru honorer. Strateginya itu. Tapi kewenangannya semua berbalik kepada kebijakan daerah sesuai kemampuan keuangan masing-masing kepala Satkernya,” terangnya.

Oleh sebab itu, tambah Indra, persoalan THR guru honorer ke depan akan menjadi perhatian Disdik Riau untuk menyusun gaji dan THR guru honorer.

“Ini akan kita sempurnakan lagi. Apalagi pak Gubernur Riau sangat peduli untuk masalah kesejahteraan guru ini, terutama guru-guru honorer. Karena kalau guru PNS sudah jelas mendapat gaji dan THR dari pemerintah pusat,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Pelalawan, Syamsuar kepada wartawan mengatakan sangat senang menyambut wacana Pemprov Riau memberikan THR bagi guru honorer SMA sederajat.

“Kita apresiasi langkah pemerintah provinsi Riau akan memberi THR guru honor. Ya, berharap dan doa agar THR bisa direalisasikan pemerintah, sehingga tidak ada pilih kasih antara guru PNS dengan guru non PNS,” harapnya.

Apalagi menurut Syamsuar THR juga menyangkut kesejahteraan guru. Apalagi Pemprov Riau cukup serius mengenai persoalan kesejahteraan guru honorer ini.

“Untuk gaji guru honorer sejauh ini sudah memenuhi. Artinya sudah ada peningkatan dari sebelumnya. Kalau tahun ini pemerintah memberi THR bagi guru honor, maka kesejahteraan guru honor akan lebih baik lagi. Mudah-mudahan lah, kita berharap dan berdoa,” ungkapnya.

Sumber : Cakaplah
Editor : Afrijon

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar