Beranda Ekonomi Dibangun Miliaran, Pasar di Tualang Ini tak Dimanfaatkan

Dibangun Miliaran, Pasar di Tualang Ini tak Dimanfaatkan

16
0
BERBAGI

TUALANG (Infosiak.com) – Pasar Kecamatan Tualang yang dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) pada tahun 2016 lalu, sampai hari ini tak kunjung difungsikan, sehingga dikhawatirkan Pasar tersebut nantinya akan menjadi Pasar Sepi (kurang diminati pedagang, red) seperti Pasar Tuah Sekato yang ada di Kecamatan Mempura.

Pantauan Infosiak.com di lapangan, saat ini kondisi sebagian fasilitas Pasar Tualang KM 2 yang berlokasi di Kampung Pinang Sebatang itu tampak memprihatinkan akibat sudah mulai mengalami sedikit kerusakan dan terkesan kurang terawat.

Terutama pada bagian pemasangan saklar listrik (tombol kontak, red) pada sejumlah tiang yang tampak sudah pecah-pecah, serta kondisi lantai (kramiknya, red) yang tampak kumuh. Begitu juga dengan kondisi sejumlah kran air yang tampak sudah tidak lagi terpasang, entah karena belum dipasang atau memang sudah tidak ada (lepas, red).

Baca Juga:  Selama Ramadhan, Menjadi Bulan Berkah Bagi Pedagang Takjil

Berdasarkan Pengumuman yang tertera di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak tahun anggaran 2016.

Kondisi pasar KM. 2 Tualang yqng tqk kunjubg dimanfaatkan. Padahal Pemkab telah mengeluarkan dana milyaran rupiah untuk akses penibgkatan ekonomi tersebut.

alterntif text

Untuk proyek pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana Pasar Kecamatan Tualang itu telah dialokasikan anggaran sebesar Rp942.633.000 oleh DPKP Kabupaten Siak melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Ditambah lagi dengan biaya Pengawasan dan Perencanaan yang diperkirakan mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Saat dikonfirmasi awak media, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Bambang Saputra mengemukakan, bahwasanya pasar yang berada di kampungnya itu sampai hari ini memang belum difungsikan.

Baca Juga:  Pertamina Klaim Minat Masyarakat terhadap BBM Jenis Premium Turun

“Iya, pasar itu sampai sekarang belum difungsikan, karena belum diresmikan, dan kalau masalah kondisi alhamdulillah aman,” papar Bambang Saputra.

Penghulu Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang itu juga berharap, semoga keberadaan pasar yang dibangun oleh Pemda Siak di kampungnya itu nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, pada tahun 2017 ini Pemda Siak melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Siak kembali mengucurkan anggaran sebesar Rp190 juta lebih, untuk biaya pekerjaan/penyedia base jalan masuk menuju ke lokasi Pasar Tualang tersebut.

Hingga berita ini dirilis, belum diketahui secara pasti kapan Pasar Tualang KM 2 itu akan dioperasikan (difungsikan, red) untuk kemaslahatan masyarakat banyak. Mengingat telah banyak anggaran/dana yang telah dikucurkan untuk pembangunan pasar di Kecamatan Tualang itu.

Baca Juga:  Warga Sakai Minas Akui Jual Lahannya di Desa Rantau Bertuah kepada Andre alias Heri 800 Hektare, Bukan ke Ernawati

Bahkan, saat dikonfirmasi Infosiak.com, Mantan Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) yang kini menjabat selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Siak H Wan Ibrahim ST MT, juga mengaku tidak tau persis kapan Pasar Tualang itu akan diresmikan dan difungsikan, dengan alasan pasar tersebut saat ini sudah diserahkan kepada pihak Pemerintah Kampung (Pemkam) setempat.

“Pasar itu sudah diserahkan ke Penghulu Kampung setempat, tolong tanya sama Penghulunya, dan pada tahun 2017 ini jalan masuk menuju ke pasar itu juga sudah dibase,” jawab Wan Ibrahim, Kamis (14/9/2017), saat dikonfirmasi Infosiak.com. (Tok)

http://www.infosiak.com/

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here