Beranda Ekonomi Buruh Distransnaker Siak Sebar Surat Edaran Soal THR, Dewan Siak Minta Perusahaan Patuhi

Distransnaker Siak Sebar Surat Edaran Soal THR, Dewan Siak Minta Perusahaan Patuhi

424
0
BERBAGI
Thr, perusahaan,
alterntif text

SIAK (Infosiak.com) – Seluruh perusahan yang beroperasi di daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau, paling lambat tujuh hari sebelum hari raya Idul Fitri tahun 2018, harus sudah membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.

Hal itu disampikan Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Kadistransnaker) Siak, Amin Budiyadi kepada awak media, Senin (4/6/2018).

Amin mengatakan pemberian THR tepat waktu ini juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016. “Maka itu kita sudah sebarkan surat edaran ini ke seluruh perusahan, agar pihak perusahan membayar tepat waktu THR ke karyawannya,” kata Amin.

Pada surat edaran THR tersebut terdapat empat poin penekanan Distransnaker kepada perusahan. Surat dengan Nomor 560/Distransnaker/V/2018/398 merupakan tindaklanjut surat edaran Menteri Ketenagakerjaan RI.

Dalam surat itu tertera ; pengusaha wajib memberikan THR kepada pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus.

DPRD

Pekerja yang telah mempunyai massa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, mendapatkan THR sebesar satu bulan upah. Sementara bagi pekerja yang mempunyai massa kerja satu bulan secara terus menerus tapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan masa kerja, yakni dengan perhitungan (masa kerja/12×1 (satu) bulan upah).

Dalam hak penerapan besaran nilai THR berdasarkan perjanjian kerja, peraturan perusahan, perjanjian kerja bersama, atau kebiasan yang telah dilakukan, maka THR yang dibayar kepada pekerja sesuai PK, PP atau PKB.

THR wajib dibayarkan perusahan kepada karyawannya selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya Idul Fitri 2018.

“Kita juga meminta kepada perusahan agar memberikan laporan tertulis pelaksanaan THR selambatnya-lambatnya 14 hari setelah hari raya, sebagai bukti bahwa pihak perusahan membayarkan THR kepada karyawannya,” tegas Amin.

Anggota DPRD Siak Hj Gustimar Spd dapil Tualang meminta perusahaan mematuhi pemberian Tunjangan hari raya (THR) hingga H-7 sebelum lebaran. Aturan tersebut harus ditaati jika perusahaan tidak ingin mendapatkan sanksi.

“Tunjangan hari raya merupakan suatu hak yang wajib diberikan pengusaha kepada pekerja. Besok (hari ini, Red) paling lambat,” tegasnya.

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar