Beranda POLITIK Disambut Dengan Antusias, Sujarwo Janji Peningkatan Ekonomi Melalui UMKM

Disambut Dengan Antusias, Sujarwo Janji Peningkatan Ekonomi Melalui UMKM

28
kpu'
Print Friendly, PDF & Email

KERINCI KANAN (Infosiak.com) – Calon Wakil Bupati Siak Sujarwo melakukan kampanye di empat titik di Kecamatan Kerinci Kanan, Kamis (1/10/2020). Kedatangan disambut hangat oleh antusias masyarakat.

Di daerah transmigrasi perkebunan kelapa sawit yang akan menghadapi masa replanting itu, mantan Ketua Komisi II DPRD Siak itu meyakinkan bahwa perekonomian masyarakat bisa bangkit dengan menghidupkan kelompok-kelompok UMKM.

“Kita suport kaum ibu dan pemuda untuk membuat kelompok UMKM, kita latih bagaimana membuat dan mengemas produk dengan bagus dan berkualitas, dengan program bantuan modal, kita buka jalan pemasarannya. Dengan cara ini ekonomi rakyat akan bangkit,” janji Sujarwo.

Baca Juga:  Tinjau Kondisi Sawah di Bungaraya, Sujarwo: Kasian Petani Padinya Banyak Diserang Hama

Ouner Bunda Tenda ini yakin masyarakat akan serius menggerakkan UMKM jika pemerintah membuka lebar jalan dan peluang pasar. “Masyarakat mengadu akan menghadapi masa replanting, jika sawitnya ditumbang, masa penanaman tentu tidak ada lagi pendapatan dari kebun. Untuk itu kita tawarkan, buka usaha, bentuk UMKM,” terang Sujarwo.

Sujarwo juga menampung usulan masyarakat yang meminta agar saat replanting, masyarakat bisa melakukan tumpang sati tanaman di atas lahan yang baru ditanam bibit sawit baru. Hal itu menjadi kajian khusus, jika secara ilmu pertanian tidak menggangu pertumbuhan kelapa sawit, dan bisa berproduksi maksimal. Usulan itu akan disampaikan ke pihak ketiga yang mengelola program replanting, agar masyarakat dizinkan melakukan tumpang sari tanaman. “Ada yang usul, tumpang sari seperti jagung, kacang,” kata Sujarwo.

Baca Juga:  Koalisi Semangat Baru Siak Arif - Sujarwo Ikrar Mewakafkan Diri Untuk Bangun Siak

Dalam perjalanan kampanye itu, Sujarwo menyempatkan diri melihat usaha peternakan sapi yang dikembangkan masyarakat. Ia mengaku bangga dengan kelompok ternak yang sudah ada, hal itu menjadi bibit untuk mewujudkan Siak ke-depan menuju sentra peternakan sapi.

Usai merampungkan agenda kampanye di empat titik, ia menyempatkan diri menjenguk tokoh masyarakat yang sedang mendapat ujian. “Iya, tadi menjenguk pak Noto Warisman, sudah dua tahun terbaring. Kami datang memberi semangat untuk terus berusaha untuk sembuh. Kami doakan beliau agar segera sembuh, bisa kembali beraktivitas seperti semula,” terang Sujarwo saat ditanya wartawan.

Baca Juga:  Bupati Minta OPD Tindaklanjuti Rekomendasi Pansus LKPJ DPRD

Laporan : Salam
Editor : Afrijon

tour_de'