Beranda Siak Dana BOS Tahap III Cair, Kadisbud Siak : Segera Laksanakan kegiatan Sekolah

Dana BOS Tahap III Cair, Kadisbud Siak : Segera Laksanakan kegiatan Sekolah

27
Print Friendly, PDF & Email

SIAK (Infosiak.com) – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk tahun 2020 telah ditransfer oleh pusat (Kemendikbud) secara langsung ke rekening satuan pendidikan.

“Pencairan dibagi dalam 3 tahap. Tahap 1 (Januari s/d Maret) dicairkan pada bulan Februari 2020 kemarin, kemudian untuk tahap 2 (April s/d Agustus) cair bulan Mei dan Juni 2020 lalu. Adapun untuk tahap 3 (September s/d Desember) telah ditransfer pemerintah pusat bulan Oktober 2020 ke rekening satuan pendidikan masing-masing. Sementara untuk tahap 1 dan tahap 2 sudah dicairkan satuan pendidikan,” ungkap Kepala DISDIKBUD Siak kepada wartawan media ini, Kamis (12/11/2020) malam.

Baca Juga:  KPU Siak Tegaskan, Warga yang tak Punya E-KTP Tidak Bisa Nyoblos di Pilkada Siak

Adapun dalam penerimaan dan  pelaporan penggunaan Dana BOS di Kabupaten Siak kata H Lukman, hal ini diatur dalam Permendagri No 24 tahun 2020, dimana Dana BOS dicatat sebagai pendapatan daerah dan harus dituangkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran kabupaten.

“Setelah itu barulah masing-masing satuan Pendidikan bisa membelanjakan dana tersebut,” jelas Lukman.

Ia juga menjelaskan, terkait penyaluran Dana BOS Tahap 3, pencairannya mengacu pada Cut Off Dapodik pada tanggal 31 Agustus 2020, dan dijadikan sebagai acuan dalam Penyusunan APBD Perubahan Alokasi Dana BOS 2020. Sehingga pencairan Dana BOS Tahap 3 menunggu Pengesahan APBD Perubahan Kabupaten Siak tahun 2020.  Peraturan Daerah tentang APBD Perubahan Tahun 2020 tertanggal 4 November 2020.

Baca Juga:  Langgar Perda Prokes, 23 Warga Siak Disidang, Subandi: Uang Denda Masuk Kas Daerah

“Pada saat ini Satuan Pendidikan telah bisa mencairkan dan membelanjakan dana BOS untuk Tahap 3 tahun 2020,” katanya.

Lebih jauh dijelaskannya, sehubungan dengan beberapa hal sebagaimana tersebut diatas, pihaknya pun meminta perhatian dari para Kepala Satuan Pendidikan untuk segera melaksanakan kegiatan-kegiatan dan menggunakan Dana BOS terutama untuk keperluan pembayaran honor guru, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan lain sebagainya sesuai dengan alokasi anggaran yang telah disetujui.

Baca Juga:  Pelanggan PLN di Siak Kaget, di Tengah Pandemi Covid-19 Tagihan Listrik Melonjak

“Selanjutnya kami juga menghimbau kepada Kepala Satuan Pendidikan agar tetap menjaga dan memperhatikan keamanan serta kebersihan lingkungan sekolah dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19,” tutupnya.

 

Laporan : Jhon
Editor : Afrijon

loading...