Beranda Bunga Raya DPD LPM Inhil, Gelar Studi Banding di Bungaraya 

DPD LPM Inhil, Gelar Studi Banding di Bungaraya 

195
0
BERBAGI
alterntif text

BUNGARAYA (Infosiak.com) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bersama petani Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, melakukan studi banding pertanian di Kabupaten Siak tepatnya di gedung serbaguna Kecamatan Bungaraya Senin, (26/3/2018). Dalam acara tersebut, para peserta sangat antusias dalam menggali ilmu pertanian yang ada di kecamatan Swasembada pangan yang pernah dikunjungi Panglima TNI itu.

Ikut hadir dalam acara itu, Camat Bungaraya Hendy Derhavin yang diwakili Sekcam Bungaraya Amin Soimin, Kepala Dinas Pertanian dan Hotikultura Kabupaten Siak Ir. Budiman Safari, Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak Irving Kahar, ketua DPD LPM Kabupaten Indragiri Hilir Helly Khairuddin yang didampingi Latif sebagai koordinator petani Inhil.

“Semua petani yang ikut ke Siak ini sangat ingin tahu persis bagaimana caranya petani di sini dalam bertani. Sehingga, apa yang biasa dilakukan petani di Bungaraya ini bisa dipraktekkan di Inhil nantinya hingga sukses seperti meningkatkan hasil pertaniannya,” kata Latif koordinator petani Inhil kepada Infosiak.com Senin, (26/3/2018).

Latif juga mengatakan, dalam acara itu sebanyak 47 orang yang mengikuti studi banding pertanian tersebut. Ia juga berharap, semua petani yang ikut dapat mengambil Ilmu pertanian yang ada di Siak.

“Sebanyak empat puluh tujuh orang petani Inhil yang ikut studi banding di Siak ini. Saya berharap, semua yang ikut dapat menyerap Ilmu dari petani di Bungaraya yang bisa dikembangkan di sana. Sehingga, hasil pertanian di sana bisa mencapai hasil seperti yang ada di Bungaraya,” terangnya.

Latif juga mengaku, banyak kesulitan yang dihadapi petani padi yang ada di Kabupaten Inhil. Sehingga, untuk meningkatkan produksi pertanian sangat sulit sekali.

“Di Inhil petani kesulitan dlm hal menggarap lahan baik dalam pembersihan lahan, penanaman sampai proses panen karena kurangnya teknologi. Sehingga hasil panen tidak sesuai yang diharapkan oleh petani di sana,” ulasnya.

mtq ali

Sementara itu Budiman Safari, Kepala Dinas Pertanian dan Hotikultura Kabupaten Siak menjelaskan, dalam  peningkatan produksi pertanian untuk kesejahteraan petani itu kunci yang terpenting adalah Komitmen Pemimpin daerah yang tinggi dan kerjasama leading yang terjalin dengan baik.

“Sebenarnya, untuk peningkatan produksi dan kesejahteraan petani itu kuncinya ada pada komitmen pimpinan daerah dan kerjasama leading sektor terkait, misalnya dengan PU Tarukim  terkait saluran irigasi primer dan sekunder yang baik agar ketersediaan air untuk sawah terjamin, dengan Bulog terkait serapan gabahnya, Dinas ketahanan pangan dan Dinas perdagangan terkait pasca panennya serta TNI AD terkait cetak sawah baru plus pengendalian serapan gabah dan produktivitasnya,” kata Budiman

Selain itu, lanjut Budiman, kekompakan antar pengurus dan anggota kelompok tani juga harus terjalin dengan baik. Sehingga, mereka patuh dengan saran yang diberikan oleh penyuluh yang ada.

“Kekompakan antara pengurus dengan anggota kelompok tani yang harmonis juga sebagai pendukung kesuksesan petani itu sendiri. Kalau mereka kompak maka semua intruksi yang disampaikan oleh penyuluh pertanian dapat dilaksanakan sesuai intruksi yang diberikan,” tambahnya.

Sebagai tuan rumah kegiatan itu,  pemerintah Kecamatan Bungaraya sangat bangga. Pasalnya, pertanian yang ada di Kecamatan itu sudah menjadi acuan oleh petani daerah lain yang ada di provinsi riau. Selain itu juga, mudah-mudahan dengan adanya acara itu, kegiatan agrowisata yang saat ini digencarkan dapat terlaksana dengan baik.

“Selaku tuan rumah, tentunya kita bangga dengan kedatangan para petani dari Kabupaten Inhil ini. Dengan kata lain, bahwa keberhasilan petani di Bungaraya ini sudah diakui oleh Kabupaten lain yang ada di provinsi Riau. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini agrowisata yang sedang kita bangun bisa terlaksana dengan baik dan dikenal lebih luas lagi,” kata Amin Soimin singkat.


Laporan : Koko
Editor : Afrijon

ali

Komentar Facebook Disini Bro

orang komentar